Tautan-tautan Akses

Trump, Clinton Kembali Menang Besar dalam Pemilihan Pendahuluan


Kandidat Capres Hillary Clinton (kiri) dan Donald Trump terus memimpin dalam perolehan suara delegasi pemilihan pendahuluan di masing-masing partainya (foto: dok).

Kandidat Capres Hillary Clinton (kiri) dan Donald Trump terus memimpin dalam perolehan suara delegasi pemilihan pendahuluan di masing-masing partainya (foto: dok).

Mantan Menlu AS Hillary Clinton kini telah memenangkan 66 persen dari delegasi yang dibutuhkannya untuk menjadi Capres partai Demokrat.

Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump dan dari Demokrat, Hillary Clinton memimpin perolehan besar dalam pemilihan pendahuluan partai mereka masing-masing, Keduanya mendapat kemenangan besar dalam pemilihan awal hari Selasa.

Baik Trump, milyarder real-estat yang belum pernah memegang jabatan dalam pemerintahan, maupun Hillary Clinton, mantan Menlu AS tahun 2009-2013, telah mendapat mayoritas delegasi untuk konvensi nasional partai mereka pada bulan Juli.

Di antara keduanya, jalan yang akan ditempuh Clinton untuk mendapatkan nominasi tampaknya lebih terjamin. Clinton, yang ingin menjadi presiden perempuan pertama AS, memenangkan empat negara bagian hari Selasa, atas penantang tunggalnya, Senator Vermont, Bernie Sanders, dan memimpin di negara bagian ke lima. Dia memenangkan pemilihan awal di negara bagian Florida, North Carolina, Ohio dan Illinois, serta menang tipis di Missouri.

Hillary Clinton, istri mantan Presiden Bill Clinton, kini telah memenangkan 66 persen dari delegasi yang dibutuhkannya untuk dicalonkan dalam konvensi Partai Demokrat. Persaingan antara Clinton - Sanders berikutnya ditetapkan tanggal 22 di negara-negara bagian sebelah barat, Arizona, Idaho dan Utah.

Kemenangan gemilang Donald Trump di negara bagian Florida, di mana ia memiliki rumah mewah kedua, memaksa Senator Florida, Marco Rubio menghentikan pencalonannya dan menyampaikan pidato penarikan dirinya Selasa malam. [ps/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG