Tautan-tautan Akses

AS

Sanders Menangkan Kaukus di Alaska, Washington


Kandidat calon presiden Partai Demokrat Bernie Sanders dalam kampanye di Madison, Wisconsin (26/3). (AP/Andy Manis)

Kandidat calon presiden Partai Demokrat Bernie Sanders dalam kampanye di Madison, Wisconsin (26/3). (AP/Andy Manis)

Analis mengatakan tiga kaukus Partai Demokrat mungkin akan lebih berpihak pada Sanders karena ketiga negara bagian itu lebih tertarik pada tokoh liberal paling aktif di Partai Demokrat tersebut.

Senator Vermont Bernie Sanders memenangkan kaukus Partai Demokrat di negara bagian Alaska dan Washington. Sebelumnya ia diperkirakan memenangkan sekitar 75 persen suara di setiap negara bagian itu.

Hasil pasti berapa banyak delegasi yang diraihnya dalam kaukus itu baru akan diketahui dalam beberapa pekan lagi. Hawaii juga melangsungkan kaukus hari Sabtu ini (26/3) dan hingga laporan ini disampaikan masih menghitung hasil perolehan suara.

Ketika berkampanye di negara bagian Wisconsin, Sanders mengatakan “kita tahu perolehan suara akan membaik ketika menuju ke Barat”.

Beberapa analis mengatakan tiga kaukus Partai Demokrat mungkin akan lebih berpihak pada Sanders karena ketiga negara bagian itu lebih tertarik pada tokoh liberal paling aktif di Partai Demokrat tersebut. Sanders juga difavoritkan oleh pemilih muda yang menjadi kunci penting dalam dua kemenangan Presiden Barack Obama.

Clinton masih membutuhkan 672 delegasi supaya bisa dinominasikan oleh Partai Demokrat sebagai calon presiden. Sementara Sanders yang Sabtu ini meraih 142 delegasi tambahan, masih membutuhkan lebih banyak delegasi untuk mencapai target 2.383 delegasi. [em]

XS
SM
MD
LG