Tautan-tautan Akses

Putri Presiden Jokowi Ikuti Tes CPNS di Solo

  • Yudha Satriawan

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dikawal usai menjalani tes calon pegawai negeri sipil di Solo (23/10). (VOA/Yudha Satriawan)

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dikawal usai menjalani tes calon pegawai negeri sipil di Solo (23/10). (VOA/Yudha Satriawan)

Pemerintah kota Solo menjamin tidak ada perlakuan istimewa untuk putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Lebih dari 300 orang berbaju putih hitam mengantre di Graha Soloraya, Solo, Kamis siang (23/10), untuk mengikuti tes kemampuan dasar ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) pemerintah kota Solo, Jawa Tengah.

Tak berapa lama, muncul seorang peserta perempuan dikawal sejumlah orang berjalan menuju ke dalam gedung tersebut. Dia adalah anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kahiyang Ayu, yang juga akan menjalani tes yang sama.

Saat ditemui para jurnalis usai mengikuti tes, Kahiyang menutupi sebagian wajahnya dengan amplop coklat dan tidak berkomentar banyak.

“Harapan saya ikut tes CPNS ini, ya lihat saja nanti lah hasilnya bagaimana. Semoga bisa lulus, diterima," ujarnya.

Seorang peserta bernama Lilis Jannatun mengaku kaget anak presiden ikut ujian CPNS ini. Lilis, yang duduk berdekatan Kahiyang saat ujian, mengatakan tidak ada perlakuan istimewa untuk putri Jokowi tersebut.

“(Kami duduk dengan) jarak dua kursi. Saya lihat tadi dia tidak didampingi pengawal, dia mengerjakan sendiri ujian CPNSnya. Tidak ada yang diistimewakan," ujarnya.

Dari layar monitor komputer yang tersedia di sekitar kompleks tersebut terpajang nilai yang diperoleh para peserta ujian CPNS ini. Putri Presiden Jokowi ini mendapat nilai 300, jauh lebih tinggi dibandingkan mayoritas peserta lainnya yang hanya mendapat point 200-250 saja.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah atau BKD Pemkot Solo, Hari Prihatno, saat ditemui di lokasi ujian CPS tersebut menegaskan meski ada anak Presiden yang ikut menjalani tes CPNS, perlakuan dan fasilitas yang diperoleh tetap sama dengan peserta lainnya.

"Tidak ada perlakuan istimewa, sesuai standar operasional prosedur kan. Meski itu anak Presiden, tetap mendapat perlakuan dan fasilitas yang sama seperti peserta lainnya. Kita transparan. Silakan pantau poin nilai peserta di layar monitor yang tersedia di luar ruangan itu. Anak Presiden Jokowi, Kahiyang, terdaftar di urutan 3.000 dari 6.200an peserta," ujar Hari.

Putri Presiden Jokowi tersebut dua kali sempat hendak masuk lewat pintu belakang gedung lokasi ujian. Pertama memakai mobil pribadi keluarga Presiden Jokowi di Solo, namun karena ketahuan para jurnalis, mobil yang mengakut Kahiyang lalu keluar meninggalkan lokasi ujian.

Tak berapa lama, sebuah mobil taksi masuk pintu belakang gedung, sempat mengelabui para jurnalis yang menunggu di lokasi. Mobil taksi tersebut ketahuan membawa putri Presiden Jokowi ketika sejumlah panitia ujian CPNS menemui orang di dalam mobil tersebut.

Akhirnya, panitia mendampingi putri Presiden Jokowi tersebut berjalan memasuki gedung dengan pengawalan ketat polisi dan pasukan pengamanan presiden.

Pemerintah Solo membuka lowongan untuk 56 PNS. Jumlah pendaftar mencapai 6.200an peserta.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG