Tautan-tautan Akses

PDI Perjuangan Menang Telak di TPS Keluarga Capres Jokowi di Solo

  • Yudha Satriawan

Ibu Jokowi, Sujiatmi, mencoblos surat suara Pemilu di TPS 22 Manahan Solo, 9 April 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Ibu Jokowi, Sujiatmi, mencoblos surat suara Pemilu di TPS 22 Manahan Solo, 9 April 2014 (Foto: VOA/Yudha)

Proses penghituangan surat suara masih berlangsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tempat orang tua dan anak-anak capres PDIP, Jokowi, mencoblos. Hasil penghitungan sementara, PDI-Perjuangan menang telak di TPS tersebut.

Petugas Panitia Pemungutan suara di TPS 22 Manahan Solo masih menghitung perolehan surat suara DPRD Propinsi, DPD, dan DPRD kota Solo hasil pencoblosan Pemilu, Rabu petang (9/4). PDI Perjuangan mendominasi perolehan surat suara DPR RI hasil Pemilu tersebut.

TPS 22 Manahan Solo menjadi sorotan kerana menjadi lokasi pemungutan suara keluarga calon Presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo alias Jokowi.

Anak ke-2 Jokowi, Kahiyang Ayu dan Ibu Jokowi, Sujiatmi, tampak mendatangi TPS 22 Manahan Solo, Rabu pagi (9/4). Mereka datang terpisah. Ibu Jokowi, Sujiatmi, usai menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut mengaku 'plong' karena sudah berpartisipasi dalam Pemilu ini.

Sujiatmi berharap partai politik pendukung pencapresan Jokowi memperoleh suara sesuai target dan Jokowi bisa maju dalam Pilpres mendatang. “Saya sudah plong, bisa milih di TPS. Ya semoga nanti partai pendukung Jokowi Capres ini, bisa dapat suara terbanyak, sesuai target, dan Jokowi bisa memenuhi syarat maju dalam Pilpres mendatang. Sebelum pencoblosan saya kontak Jokowi,” kata ibunda Jokowi, Sujiatmi.

Sementara itu, putri ke-2 Jokowi, Kahiyang Ayu, lebih memilih enggan berkomentar. Menurut Ayu, putri bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep saat ini masih berada di Singapura dan menggunakan hak pilihnya di negara tersebut. Sedangkan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming, belum diketahui.

“Kakak, saya dan adik tercatat di TPS ini. Pencoblosannya di sini, tapi kakak saya saat ini masih di rumah, belum datang ke sini. Adik saya masih sekolah di Singapura. Katanya sih kemarin sudah mencoblos di TPS sana. Adik saya 'kan sekolah di sana, adik saya nggak berani bolos sih buat nyoblos di sini,” ujar Kahiyang Ayu.

Di TPS 22 Manahan Solo ini, tercatat ada 321 pemilih sedangkan DPT Solo tercatat ada 417 ribu pemilih yang tersebar di sekitar 1.300 TPS. TPS 22 Manahan Solo hasil perolehan surat suara DPR untuk PDI Perjuangan sebanyak 122 suara, diikuti Partai Nasdem 22 suara, Golkar 21 suara. Sedangkan DPD sebanyak 180 surat suara sah dan 56 lembar surat suara dinyatakan tidak sah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG