Tautan-tautan Akses

Jokowi-Kalla Menang Telak di TPS Keluarga Jokowi di Solo

  • Yudha Satriawan

Ibu calon presiden Joko Widodo, Sujiatmi, saat mencoblos di TPS Manahan, Solo (9/7). (VOA/Yudha Satriawan)

Ibu calon presiden Joko Widodo, Sujiatmi, saat mencoblos di TPS Manahan, Solo (9/7). (VOA/Yudha Satriawan)

Keluarga capres Jokowi di Solo menggunakan hak pilihnya di TPS 22 Manahan Solo. Hasil penghitungan suara, Capres Jokowi menang telak di TPS tersebut.

Penghitungan surat suara hasil pemungutan suara pemilihan presiden di TPS 22 Manahan Solo berlangsung menegangkan, Rabu siang (9/7).

Perolehan suara antara kedua pasangan capres di TPS tersebut di awal penghitungan sempat bersaing ketat, namun perolehan suara Joko "Jokowi" Widodo dan Jusuf Kalla makin tidak terkejar hingga proses berakhir.

Pasangan capres nomor urut 2 tersebut menang telak. Ketua TPS 22 Manahan Solo, Toto Saronto, usai penghitungan mengatakan ibu dan tiga anak capres Jokowi terdaftar sebagai pemilih di TPS ini.

“Untuk pemilih yang hadir di TPS ini ada 249, perolehan suara capres nomor 1 ada 52, pasangan capres nomor 2 ada 193 suara, suara yang tidak sah ada empat surat suara," ujarnya.

"Tadi keluarga capres Jokowi yang hadir dan menggunakan hak pilihnya di TPS ini ada ibunya, dan kedua anak Pak Jokowi, anak pertama dan kedua, sedangkan anak ketiga tidak hadir."


Sebelumnya, ibu Jokowi, Sujiatmi mendatangi dan menggunakan hak pilihnya di TPS 22 tersebut pada Rabu pagi, didampingi sejumlah kerabat dan pengawal. Usai mencoblos surat suara, Sujiatmi berharap anaknya mendapat hasil pilpres yang terbaik.

“Saya nggak ke Jakarta, saya mau pulang ke rumah habis nyoblos. Ya tadi pagi, sempat ditelepon Jokowi dan minta didoakan. Ya saya doakan mendapat hasil terbaik," ujarnya.

Sementara itu warga di Solo, Muhammad Badrun, berharap Jokowi mampu memenangkan pilpres.

“Saya berharap siapapun presiden yang terpilih, semoga menjadi pemimpin yang baik lah..ya saya berharap Pak Jokowi bisa memenangkan pemilihan presiden ini," ujarnya.

Daftar Pemilih Tetap atau DPT di TPS 22 Manahan Solo ini tercatat tiga anak capres Jokowi : Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep berurutan di nomor 11, 12, dan 13, sedangkan Sujiatmi, Ibu dari Capres Jokowi, berada di urutan 203.

Pemilihan Presiden di Solo mendapat perhatian Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa tengah, Komisari Besar Slamet Riyanto. Bersama rombongan Grup 2 Kopassus Sukoharjo dan TNI, Wakapolda Jawa tengah tersebut memantau berbagai TPS di Solo.

“Masyarakat di Pilpres ini tampak antusias, saya lihat dari pantauan ke TPS-TPS bersama teman-teman dari TNI dan Kopassus. Kami ingin memastikan kondisi aman, lancar, dan kondusif, dari masa pemungutan suara, penghitungan suara dan penetapan hasil Pilpres semua berjalan lancar tanpa ada gangguan keamanan," ujarnya.

XS
SM
MD
LG