Tautan-tautan Akses

Presiden Obama di Bali Hadiri KTT Asia Timur


Presiden Barack Obama saat tiba di Bali, Kamis (17/11).

Presiden Barack Obama saat tiba di Bali, Kamis (17/11).

Obama akan bergabung dengan para pemimpin negara-negara di Asia timur dan Rusia dalam pertemuan dua hari di Bali.

Presiden Amerika Barack Obama berada di Bali di mana ia akan bergabung dengan para pemimpin negara-negara di Asia timur dan Rusia dalam pertemuan dua hari tentang keamanan, ekonomi dan masalah umum lainnya.

Kedatangan Obama di Bali bertepatan dengan pengumuman pesanan besar pesawat jet Boeing oleh maskapai penerbangan domestik Indonesia, Lion Air. Perusahaan pembuat pesawat itu hari Kamis mengatakan bahwa penjualan 230 pesawat Boeing 737, senilai hampir 22 miliar dolar, adalah pesanan terbesar dalam sejarah.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton juga berada di Bali untuk menghadiri KTT Asia Timur terpisah, yang dimulai hari Jumat.

Juga hari Jumat, Obama dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh, Presiden Filipina Benigno Aquino dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.


Selama berada di pulau Bali, Obama akan bertemu dengan para pemimpin negara-negara Asia yang berusaha mendapat dukungan Amerika dalam sengketa teritorial dengan Tiongkok atas Laut Cina Selatan.

Presiden Obama tiba di Indonesia setelah kunjungan ke Australia di mana dia menandatangani kesepakatan untuk menggelar 2.500 pasukan Amerika di wilayah utara negara itu untuk meningkatkan keamanan regional. Tiongkok segera menyatakan keberatan atas kesepakatan bilateral itu.

KTT itu dipandang sebagai kesempatan bagi Obama untuk memperluas hubungan perdagangan dengan negara-negara lain di Asia yang tumbuh pesat.

XS
SM
MD
LG