Tautan-tautan Akses

Obama Akhiri Kunjungan ke Asia


Presiden Barack Obama (kanan) sempat mengadakan pertemuan terpisah dengan PM Wen Jiabao di Bali (19/11).

Presiden Barack Obama (kanan) sempat mengadakan pertemuan terpisah dengan PM Wen Jiabao di Bali (19/11).

Obama dan PM Tiongkok Wen Jiabao bertemu di sela-sela KTT Asia Timur sebelum menuju pesawat Air Force One kembali ke AS.

Presiden Amerika Barack Obama sedang dalam perjalanan pulang hari Sabtu, setelah lawatan Asia-Pasifik selama sembilan hari yang membawanya ke Hawaii, Australia dan Indonesia untuk menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia Timur.

Hanya beberapa jam sebelum pesawat Air Force One lepas landas dari Bali, Obama dan Perdana Menteri Tiongkok Wen Jiabao bertemu di sela-sela KTT Asia Timur untuk membahas isu-isu ekonomi antara kedua negara.

Pejabat Gedung Putih mengatakan Obama menekankan pentingnya Tiongkok menyesuaikan nilai mata uangnya, yang menurut Amerika ditetapkan terlalu rendah.

Kedua pemimpin juga membicarakan tentang kebebasan pelayaran dan aliran bebas perdagangan di Laut Cina Selatan, dan resolusi damai atas sengketa di sana. Sebelumnya, Wen memperingatkan apa yang ia sebut campur tangan asing dalam sengketa itu, yang juga melibatkan Filipina, Vietnam dan beberapa negara Asia lainnya.


XS
SM
MD
LG