Tautan-tautan Akses

Obama Serukan India, Tiongkok Kurangi Emisi


Presiden Barack Obama berbicara di depan parlemen Australia di Canberra (16/11).

Presiden Barack Obama berbicara di depan parlemen Australia di Canberra (16/11).

Di Australia, Presiden Obama mengatakan negara-negara dengan ekonomi yang sedang bangkit juga harus memikul tanggungjawab mengurangi emisi.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan Amerika akan mendesak negara-negara yang ekonominya sedang bangkit agar berbuat lebih banyak untuk mengatasi pemanasan global, dalam KTT Perubahan Iklim bulan ini di Durban – Afrika Selatan.

Dalam lawatannya ke Australia, Presiden Obama mengatakan kepada para wartawan, pembicaraan di Durban harus menghasilkan kesepakatan penurunan emisi karbon. Namun memperingatkan bahwa negara-negara dengan ekonomi maju tidak dapat melakukan hal ini sendirian.

Presiden Obama mengatakan negara-negara dengan ekonomi yang sedang bangkit – seperti Tiongkok dan India – juga harus secara serius memikul tanggungjawab dalam mengurangi emisi.

Presiden Obama mengakui bahwa Amerika belum dapat memberlakukan sistem “cap and trade” yang ditujukan untuk mengatur polusi, namun Amerika telah melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan efesiensi bahan bakar dan menjajaki pilihan-pilihan energi bersih.

Delegasi dari ke-193 negara dalam pembicaraan yang disponsori PBB dan berlangsung mulai 28 November ini, akan berusaha berkompromi tentang kesepakatan internasional baru dalam perubahan iklim.

XS
SM
MD
LG