Tautan-tautan Akses

Nada Perdebatan Politik AS Berubah Setelah Penembakan di Arizona

  • Michael Bowman
  • Wita Sholhead

Para anggota DPR dan staf Kongres AS mengheningkan cipta bagi anggota DPR Gabrielle Giffords yang tertembak di Tucson, Arizona (10/1).

Para anggota DPR dan staf Kongres AS mengheningkan cipta bagi anggota DPR Gabrielle Giffords yang tertembak di Tucson, Arizona (10/1).

Perdebatan perundang-undangan di Kongres akan menguji himbauan Presiden Barack Obama agar perdebatan dilakukan dengan cara yang lebih beradab.

DPR Amerika mulai menjalankan tugas lagi minggu ini setelah penangguhan seminggu akibat insiden penembakan yang hampir merenggut nyawa seorang wakil rakyat dari negara bagian Arizona. Perdebatan perundang-undangan di DPR itu akan menguji himbauan Presiden Barack Obama agar perdebatan dilakukan dengan cara yang lebih beradab.

Prioritas utama fraksi Republik yang menguasai kursi mayoritas di DPR baru adalah mencabut prakarsa reformasi layanan kesehatan yang sudah ditandatangani Presiden Obama.

Anggota DPR dari negara bagian Arizona Jeff Flake memperkirakan retorika di Kongres akan lebih lunak setelah insiden Arizona. Ia mengatakan, "Kita akan melihat perdebatan yang lebih beradab daripada waktu sebelumnya. Saya tidak yakin substansi perdebatan akan banyak berubah. Menurut saya fraksi Republik tetap bertekad untuk mencabut undang-undang layanan kesehatan di DPR, tetapi dengan nada yang berubah, dan itu baik sekali.”

Anggota DPR AS dari partai Republik, Jeff Flake

Anggota DPR AS dari partai Republik, Jeff Flake

Flake berbicara demikian dalam program Face the Nation di televisi CBS. Debbie Wasserman Schultz, anggota fraksi Demokrat dari negara bagian Florida juga berbicara dalam program itu. Ia menentang setiap upaya pencabutan undang-undang layanan kesehatan secara menyeluruh.

Flake mengatakan, "Saya tidak bermaksud memperdebatkan nilai-nilai yang saya anut dan prinsip-prinsip para pendukung saya secara tidak bersemangat. Tetapi, menurut saya, tinggi rendahnya nada perdebatan tergantung pada kita semua, dan kita harus memberikan contoh yang baik. Menurut saya kita semua perlu lebih berhati-hati dalam memilih kata-kata yang akan kita gunakan.”

Rakyat Amerika mungkin akan menyaksikan peredaan perpecahan antar fraksi minggu depan ketika Presiden Obama menyampaikan pidato State of the Union di Capitol Hill.

Senator AS dari partai Demokrat, Kirsten Gillibrand

Senator AS dari partai Demokrat, Kirsten Gillibrand

Senator Kirsten Gillibrand dari fraksi Demokrat adalah salah seorang anggota Kongres yang mendesak fraksi Demokrat dan Republik agar duduk bersama, dan tidak membagi ruangan DPR berdasarkan aliran politik. Ia mengatakan, "Tindakan itu merupakan simbol, dan simbol itu merupakan permulaan yang baik. Apa yang akan kita ciptakan adalah citra Kongres yang menjalankan tugasnya sebagai sebuah lembaga, bukan sebagai dua fraksi yang terpisah.”

Senator Gillibrand adalah rekan Gabrielle Gifford, anggota DPR dari negara bagian Arizona, yang ditembak di kepalanya awal bulan ini. Gifford selamat, tetapi enam orang tewas dalam hujan peluru yang ditembakkan oleh seorang pria yang bertindak sendiri.

Senator Gillibrand menjenguk Gifford di rumah sakit dua kali minggu lalu. Ia mengatakan Gifford masih belum bisa bicara, tetapi nampaknya akan pulih kembali. Lebih jauh, Gillibrand mengatakan,"Gabby dapat menggerakkan badannya ke kedua sisi.dan dapat bernafas sendiri. Ia memperlihatkan kepada orang-orang di sekelilingnya bahwa ia mampu berkomunikasi dengan memegang tangan kami, menggerakkan lengan dan kakinya dan memandang kami.”

Dengan munculnya laporan yang lebih rinci mengenai kondisi kejiwaan tersangka penembak Jared Lee Loughner, banyak anggota fraksi Demokrat maupun Republik mendesak agar diberikan perhatian yang lebih besar kepada isu kesehatan jiwa di Amerika.

XS
SM
MD
LG