Tautan-tautan Akses

Kapal India Ditegur Kapal Tiongkok di Perairan Vietnam


Beijing mengklaim kedaulatan atas wilayah Laut Cina Selatan, termasuk kepulauan Spratly yang disengketakan (foto: dok.).

Beijing mengklaim kedaulatan atas wilayah Laut Cina Selatan, termasuk kepulauan Spratly yang disengketakan (foto: dok.).

Tiongkok mengklaim kedaulatannya atas seluruh wilayah di Laut Cina Selatan berdasarkan peta pada awal abad ke-20.

Para pejabat India mengatakan sebuah kapal angkatan lautnya yang sedang berlayar di lepas pantai Vietnam, ditegur oleh kapal perang Tiongkok bulan lalu di Laut Cina Selatan.

Seorang jurubicara kementerian luar negeri India mengatakan INS Airavat berada 83 kilometer di lepas pantai Vietnam pada 22 Juli, sewaktu menerima pesan radio dari sebuah kapal Tiongkok tak dikenal, yang menyatakan Airavat sedang memasuki perairan Tiongkok.

Para pejabat mengatakan, Airavat melanjutkan perjalanannya ketika tidak melihat ada kapal atau pesawat yang menghalang-halangi jalur pelayarannya.

Tiongkok semakin bersikap tegas di Laut Cina Selatan.

Enam negara mengklaim seluruh atau sebagian Laut Cina Selatan, termasuk banyak wilayahnya yang kaya energi. Tiongkok mengklaim kedaulatannya atas seluruh wilayah laut itu, berdasarkan peta pada awal abad ke-20.

XS
SM
MD
LG