Tautan-tautan Akses

AS

Penghentian Operasi Pemerintah AS Secara Parsial Dimulai

  • Michael Bowman

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Boehner dari Partai Republik pada konferensi pers menyusul sidang DPR (30/9). (AP/Evan Vucci)

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat John Boehner dari Partai Republik pada konferensi pers menyusul sidang DPR (30/9). (AP/Evan Vucci)

Para anggota legislatif bekerja sampai larut malam namun tidak dapat menanggulangi perpecahan terkait isu undang-undang kesehatan yang diusulkan Obama.

Pemerintah AS telah memasuki tahap penghentian operasi secara parsial setelah Kongres melewatkan tenggat Senin tengah malam (30/9) waktu setempat untuk mengesahkan undang-undang untuk memperpanjang anggaran.

Para anggota legislatif bekerja sampai larut malam namun tidak dapat menanggulangi perpecahan partisan terkait undang-undang kesehatan yang diusulkan Presiden Barack Obama, sebuah komponen utama yang diimplementasikan Selasa.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yang dipimpin oleh anggota Partai Republik, melakukan pemungutan suara tiga kali untuk menolak UU Layanan Terjangkau yang dikenal sebagai Obamacare, sebagai syarat penganggaran operasi-operasi federal. Tiga kali pula Senat yang dikontrol oleh Partai Demokrat menolak langkah itu. Karena Kongres tidak mampu mencapai kesepakatan mengenai perpanjangan otoritas belanja federal, operasi-operasi pemerintahan AS yang tidak esensial dihentikan Selasa dini hari.

Senator Richard Durbin dari Partai Demokrat tidak percaya dengan perkembangan yang terjadi.

"Menghentikan operasi pemerintahan Amerika Serikat? Jika Anda mendengar hal ini terjadi di negara-negara lain, Anda akan berpikir, 'Sayang sekali mereka tidak sestabil dan sekuat demokrasi kita yang digdaya'. Tapi beginilah situasi kita saat ini," ujar Durbin.

Senat telah meloloskan undang-undang anggaran yang bebas dari ketentuan-ketentuan partisan mengenai Obamacare atau hal lain, namun para pemimpin Republik di DPR menolak membawa undang-undang itu ke dalam pemungutan suara. Anggota legislatif Michele Bachmann ada dalam kelompok utama dari anggota DPR dari Partai Republik yang menolak menghentikan perseteruan melawan Obamacare.

"Saya mendapat ratusan panggilan telepon di kantor hari ini, dan orang-orang berkata, 'Terus berjuang. Tetap kuat'. Mereka ingin kita berdiri dan terus melawan. Mereka tidak ingin kita menyerah," ujar Bachman.

Anggota Republik yang lain, seperti Senator Lisa Murkowski, merasa kampanye partainya melawan Obamacare telah melewati batas.

“Saya bukan pendukung UU kesehatan tersebut. Namun apakah saya percaya bahwa kita harus menghentikan operasi pemerintahan federal pada titik ini karena kita tidak mencapai kesepakatan soal UU kesehatan? Saya kira kita memiliki tanggung jawab untuk memerintah," ujar Murkowski.

Para anggota legislatif dari Partai Demokrat bersatu di belakang Presiden Obama untuk mendanai pemerintah, sambil terus mengupayakan pengesahan Obamacare. Pemimpin Mayoritas Senat Harry Reid mengatakan para anggota Demokrat akan bersikap teguh.

"Kami tidak akan memperkarakan debat UU kesehatan ini atau bernegosiasi di bawah todongan senjata," ujar Reid.

Dalam jam-jam terakhir menjelang penutupan operasi, para anggota Partai Republik di DPR menyarankan negosiasi antara dua badan legislatif itu untuk menyelesaikan perbedaan, namun Senator Reid segera menolak ide itu. Sementara itu, Ketua DPR John Boehner juga menolak pemungutan suara atas UU anggaran yang dikeluarkan hanya oleh Senat.

Oleh karena itu, karena tidak ada kesepakatan, kewenangan pemerintah AS untuk memakai anggaran telah habis saat jam menunjukkan tengah malam di Washington. Beberapa jam sebelunya, di Gedung Putih, Presiden Obama menyuarakan rasa frustrasi dan kekecewaan atas ketidakmampuan Kongres untuk bertindak.

Pada Selasa ini, Presiden Obama akan mendorong penyediaan Obamacare yang tetap diaktifkan meski ada penghentian operasi. Banyak warga Amerika yang tidak mampu dan tidak memiliki asuransi kesehatan dapat mendaftar untuk asuransi bersubsidi.
XS
SM
MD
LG