Tautan-tautan Akses

Senat Amerika Tolak RUU Anggaran, Pemerintah AS Terancam Tutup


Ketua mayoritas Senat AS, Harry Reid (kiri) berbicara dengan kaukus Demokrat di Senat AS mengenai RUU anggaran (30/9).

Ketua mayoritas Senat AS, Harry Reid (kiri) berbicara dengan kaukus Demokrat di Senat AS mengenai RUU anggaran (30/9).

Senat Amerika hari Senin (30/9) menolak RUU anggaran belanja versi DPR yang akan menunda bagian penting dari UU asuransi kesehatan usulan Presiden Obama.

Senat Amerika, yang dikuasai oleh partai Demokrat, telah menolak RUU anggaran belanja versi DPR AS yang akan menunda bagian penting dari UU asuransi kesehatan yang ditandatangani Presiden Obama.

Tetapi karena UU di mana ribuan anggaran kegiatan rutin pemerintah federal akan berakhir Senin (30/9) tengah malam, Kongres AS harus mencapai kesepakatan kompromi untuk menghindari penghentian sementara operasi pemerintah.

Senat Amerika diperkirakan akan menghapus bagian RUU DPR tentang UU asuransi kesehatan itu dan mengirimnya kembali ke DPR, dalam permainan politik yang telah berlangsung selama lebih dari seminggu.

Sementara itu, Presiden Barack Obama mengatakan ia tidak akan menerima penghentian sebagian operasi pemerintah federal, dan mengatakan ia akan berbicara dengan para pimpinan Kongres.

Obama berbicara di Gedung Putih hari Senin tengah hari, karena anggota DPR tetap berselisih terkait anggaran pengeluaran guna menjaga pemerintah federal tetap beroperasi.

Obama menambahkan, semua yang terlibat harus duduk dan berunding dengan itikad baik – tetapi ini tidak harus dilakukan di bawah ancaman gagal membayar utang. Presiden mengatakan dolar Amerika merupakan mata uang cadangan dunia dan seperti yang ia katakan, "kita tidak main-main dengan hal itu."
XS
SM
MD
LG