Tautan-tautan Akses

AS

Khawatir Macetnya Anggaran Pemerintah, Bursa AS Merosot


Kekhawatiran investor tentang kebuntuan pembicaraan anggaran di Kongres AS memicu merosotnya bursa saham (foto: ilustrasi).

Kekhawatiran investor tentang kebuntuan pembicaraan anggaran di Kongres AS memicu merosotnya bursa saham (foto: ilustrasi).

Bursa saham AS dibuka lebih rendah hari Senin (30/9) pagi, karena investor khawatir tentang kebuntuan pembicaraan anggaran di Kongres AS.

Bursa saham AS dibuka lebih rendah karena investor khawatir tentang kebuntuan anggaran di Washington yang mengancam penutupan sebagian pemerintah federal mulai hari Selasa.

Harapan memudar bahwa Kongres dapat mencapai kesepakatan pada menit-menit terakhir dan menyetujui anggaran sementara sebelum batas waktu tengah malam.

Presiden Barack Obama telah memperingatkan pembekuan anggaran non-esensial pemerintah federal dapat berdampak buruk pada pemulihan ekonomi yang masih goyah, dan mengancam ribuan pekerjaan.

Jika tenggat waktu tengah malam berakhir tanpa kesepakatan, kegagalan itu akan memiliki dampak global. Harga minyak turun dan saham Eropa dan Asia jatuh, di tengah kekhawatiran bagi perekonomian terbesar di dunia ini.

Di bursa Wall Street, Dow Jones Industrial Average, S & P 500, dan Nasdaq Composite turun. Penjualan mendominasi awal perdagangan sementara saham 30 perusahaan yang tergabung dalam indeks Dow melemah.

Sebelumnya, bursa saham Eropa turun setelah kerugian besar di Tokyo, karena investor cemas akan ketidakpastian politik di AS dan Italia.

Sementara itu di Italia, investor bereaksi dengan kekhawatiran mengenai kemungkinan pemerintah Italia akan ambruk minggu ini, tetapi para pakar mengatakan gejolak politik belum mencapai titik yang dapat mengancam munculnya kembali krisis keuangan di Eropa.

Bursa saham Milan turun 1,9 persen pada hari Senin, hari pertama perdagangan sejak Silvio Berlusconi menuntut agar lima menteri dari partai politiknya keluar dari pemerintah koalisi PM Enrico Letta.

Berlusconi telah menuntut pengunduran diri itu untuk menunjukkan solidaritas menjelang pemungutan suara Senat untuk mencopot kedudukannya sebagai legislator setelah dia dinyatakan bersalah melakukan penipuan pajak.

Letta meminta pemungutan suara untuk mosi tidak percaya di parlemen pekan ini guna menentukan apakah pemerintahannya yang baru berusia 5 bulan bisa bertahan.
XS
SM
MD
LG