Tautan-tautan Akses

Pengganti Dalai Lama Ambil Sumpah Jabatan


PM baru Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay bersama Dalai Lama di kota Dharamsala, India hari Senin (8/8).

PM baru Tibet di pengasingan, Lobsang Sangay bersama Dalai Lama di kota Dharamsala, India hari Senin (8/8).

Sangay mengambil sumpah jabatan sebagai PM baru Tibet dalam upacara yang dipimpin Dalai Lama di kota Dharamsala, India.

Lobsang Sangay hari Senin dilantik sebagai kepala pemerintahan Tibet di pengasingan, menggantikan Dalai Lama sebagai pemimpin politik gerakan tersebut.

Sangay mengambil sumpah jabatan perdana menteri itu dalam upacara yang dipimpin Dalai Lama di kota Dharamsala, India, di mana terletak pemerintahan pengasingan itu.

Upacara itu mengakhiri transisi berbulan-bulan dalam pemerintahan pengasingan, yang dipicu keputusan Dalai Lama untuk mundur dari urusan politik.

Puluhan ribu warga Tibet di pengasingan dari seluruh dunia memilih Sangay bulan April lalu. Dalai Lama yang berusia 76 tahun mengatakan akan mempertahankan perannya sebagai pemimpin spiritual Tibet.

Sangay yang berusia 42 tahun hari Minggu mengatakan ia akan berjuang untuk berkomunikasi dengan masyarakat sipil dan pemerintah Tiongkok dalam upaya “menyelesaikan berbagai perbedaan secara damai berdasarkan kepentingan bersama”.

Dalam komentarnya, Sangay bertekad mengembalikan kebebasan bagi rakyat Tibet dan bekerja memulangkan Dalai Lama kembali ke kampung halamannya.

XS
SM
MD
LG