Tautan-tautan Akses

Tiongkok Larang Warga Asing Menjelang Kunjungan Panchen Lama


Panchen Lama Gyaltsen Norbu, pemimpin keagamaan Tibet yang dipilih oleh pemerintah Tiongkok (foto: 2008).

Panchen Lama Gyaltsen Norbu, pemimpin keagamaan Tibet yang dipilih oleh pemerintah Tiongkok (foto: 2008).

Penjagaan keamanan ditingkatkan di Tiongkok barat laut menjelang kunjungan pemimpin keagamaan Tibet yang diangkat Beijing itu.

Beberapa aktivis Tibet mengatakan hari Jumat bahwa orang asing telah dilarang memasuki sebuah kabupaten di Tiongkok barat laut dan penjagaan keamanan telah ditingkatkan menjelang kunjungan oleh pemimpin keagamaan Tibet yang diangkat oleh pemerintah.

Kampanye Internasional untuk Tibet (ICT) mengatakan pekan ini bahwa pasukan Tiongkok telah mengepung Biara Labrang di kabupaten Xiahe, provinsi Gansu.

ICT menyebut kunjungan tersebut sebagai gangguan, dan mengatakan rakyat Tibet tidak akan menyambut baik kunjungan Panchen Lama Gyaltsen Norbu.

Panchen Lama adalah pemimpin kerohanian tingkat kedua dalam agama Budha Tibet. Tetapi banyak warga Tibet menolak lama yang sekarang disebabkan cara dia dipilih.

Dalai Lama, yang tinggal di pengasingan di India sejak tahun 1959, pada mulanya telah memilih seorang anak muda lain, Gendun Choekyi Nyima, untuk menjadi Panchen Lama yang ke-11. Tetapi anak muda itu ditangkap oleh polisi Tiongkok tahun 1995 pada usia 6 tahun dan kabar mengenai dirinya tidak pernah terdengar lagi sejak itu.

XS
SM
MD
LG