Tautan-tautan Akses

Redam Pengaruh Tiongkok, India Bangun Infrastruktur di Perbatasan


India berencana membangun jalur kereta api baru untuk mengimbangi pembangunan oleh Tiongkok di perbatasan.

India berencana membangun jalur kereta api baru untuk mengimbangi pembangunan oleh Tiongkok di perbatasan.

India berencana membangun jalan dan jalur kereta api di negarabagian Assam dan Arunachal Pradesh, yang disebut Tiongkok sebagai 'Tibet Selatan'.

India berencana membangun jalan-jalan baru dan jalur kereta api untuk mengimbangi peningkatan infrastruktur Tiongkok di sepanjang perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Menurut laporan kementerian pertahanan yang diajukan ke parlemen, tiga jalur rel yang diusulkan akan menghubungkan negarabagian Assam, India timur laut dengan negarabagian di sebelahnya Arunachal Pradesh, yang disebut Tiongkok sebagai "Tibet Selatan" dan diklaimnya secara keseluruhan.

Puluhan jalan baru juga akan dibangun di perbatasan itu.

Pejabat-pejabat pertahanan India hari Jumat mengatakan dari segi topografi, lebih mudah bagi Tiongkok untuk membangun infrastruktur di sepanjang perbatasan itu, terutama Dataran Tinggi Tibet. Pejabat-pejabat India mengatakan, medan di perbatasan sisi India jauh lebih sulit untuk dinavigasi.

India juga menyatakan prihatin mengenai kehadiran tentara Tiongkok yang semakin banyak di wilayah perbatasan, yang relatif damai dalam satu dekade ini.

XS
SM
MD
LG