Tautan-tautan Akses

Tiongkok Peringati 60 Tahun Kekuasaan di Tibet


Warga Tibet di Lhasa melakukan perayaan peringatan 60 Tahun “pembebasan damai” atas Tibet.

Warga Tibet di Lhasa melakukan perayaan peringatan 60 Tahun “pembebasan damai” atas Tibet.

Delegasi pimpinan Wapres Tiongkok disambut di bandara Lhasa, Tibet oleh sekitar 600 warga yang mengenakan pakaian berwarna-warni.

Sebuah delegasi Tiongkok pimpinan Wakil Presiden Xi Jinping berada di Tibet untuk perayaan memperingati 60 tahun kekuasaan Tiongkok atas kawasan itu.

Dalam delegasi yang beranggotakan 59 orang itu termasuk antara lain, Wakil PM Hui Liangyu dan Chen Bingde, kepala staf gabungan militer Tiongkok.

Kantor berita resmi Tiongkok mengatakan delegasi itu disambut hari Minggu di bandara Lhasa oleh sekitar 600 warga yang mengenakan pakaian berwarna-warni. Laporan-laporan mengatakan warga menampilkan tarian dan menganugerahkan para anggota delegasi dengan selendang perayaan.

Media Tiongkok mengutip warga yang mengatakan kehidupan mereka membaik sejak apa yang Tiongkok sebut “pembebasan damai” atas Tibet tahun 1951.

Namun, para pejabat memberlakukan keamanan yang lebih ketat dan kendali ketat atas perjalanan ke kawasan itu, yang nampaknya karena adanya kekhawatiran bahwa kerusuhan anti-Tiongkok di Lhasa terjadi tiga tahun lalu akan terulang.

XS
SM
MD
LG