Tautan-tautan Akses

Pemerintah Italia Sepakati Anggaran Darurat 40 Milyar Dolar


Perdana Menteri Italia Mario Monti (foto: dok).

Perdana Menteri Italia Mario Monti (foto: dok).

Sebagai sumbangan untuk pemotongan anggaran, Mario Monti mengatakan ia tidak akan menerima gaji sebagai perdana menteri Italia.

Perdana Menteri baru Italia mengatakan pemerintahnya telah menyetujui rancangan paket anggaran darurat yang bernilai lebih dari 40 milyar dolar yang akan membantu menarik Italia dari ambang kebangkrutan.

Mario Monti mengatakan hari Minggu rancangan itu mencakup pemotongan anggaran segera serta pengambilan langkah signifikan untuk melawan penghindaran pajak. Sebagai sumbangannya untuk pemotongan anggaran, Monti mengatakan ia tidak akan menerima gaji sebagai perdana menteri.

Rancangan tersebut akan diajukan kepada parlemen, yang harus menyetujuinya. Monti menghabiskan akhir pekan kemarin memberi keterangan kepada partai-partai politik, serikat-serikat buruh, kelompok-kelompok perusahaan, para wakil konsumen, dan lain-lain.

Yunani, Irlandia dan Portugal terpaksa memperoleh dana talangan internasional dalam satu setengah tahun ini.

Kekhawatiran utama sekarang bagi para pemimpin Eropa adalah bahwa Italia, dengan ekonomi ke-3 terbesar, mungkin akan membutuhkan dana talangan untuk menghindarkan kemacetan pembayaran hutangnya, krisis yang akan mengancam mata uang bersama benua itu dan dapat mengakibatkan kembali resesi sedunia.

XS
SM
MD
LG