Tautan-tautan Akses

PM Baru Italia Menangi Mosi Percaya Kedua di Parlemen


Majelis rendah Italia menyetujui pemerintah baru PM Mario Monti hari Jumat (18/11).

Majelis rendah Italia menyetujui pemerintah baru PM Mario Monti hari Jumat (18/11).

Majelis rendah Italia menyetujui pemerintah baru PM Mario Monti hari Jumat, menyusul persetujuan serupa di Senat sehari sebelumnya.

Perdana Menteri Baru Italia Mario Monti memenangi mosi percaya kedua di parlemen, mengemban mandat pemerintah untuk membantu menyelesaikan krisis utang Italia.

Majelis rendah menyetujui pemerintah baru itu hari Jumat dengan suara 556 banding 61. Margin besar itu menyusul kemenangan mudah serupa di Senat hari Kamis.

Pemerintahan Monti yang teknokratik dan tanpa pemilihan dibentuk setelah krisis keuangan Italia memaksa pendahulunya, Silvio Berlusconi, mengundurkan diri.

Monti, profesor ekonomi dan mantan komisaris Uni Eropa, mulai menjabat hari Rabu. Ia bertekad menerapkan reformasi ketat guna memicu pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, warga Italia akan harus berkorban supaya ekonomi kembali bergerak maju.

Eropa telah membantu tiga negara - Yunani, Irlandia dan Portugal - tapi perekonomian Italia adalah yang ketiga terbesar di zona euro yang beranggotakan 17 negara itu dan dinilai terlalu besar untuk diselamatkan.

Hari Jumat Perdana Menteri Monti mengatakan akan bertemu Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel di Strasbourg Kamis depan untuk membahas krisis zona euro.

XS
SM
MD
LG