Tautan-tautan Akses

IMF: Ekonomi Yunani Makin Buruk


Program penghematan yang diusulkan IMF tidak populer dan menyulut protes serikat buruh Yunani (foto: dok).

Program penghematan yang diusulkan IMF tidak populer dan menyulut protes serikat buruh Yunani (foto: dok).

IMF tadinya memperkirakan keuangan Yunani menuju pemulihan, namun 1,5 tahun setelah program dana talangan justru terus menciut.

Dana Moneter Internasional mengatakan ekonomi Yunani lebih buruk daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pimpinan misi IMF di Yunani, Poul Thomsen, mengatakan kepada wartawan hari Selasa bahwa IMF tadinya memperkirakan keuangan Yunani sedang menuju pemulihan sekarang, satu setengah tahun setelah negara itu menjadi penerima program dana talangan internasional. Namun kenyataan menunjukkan sebaliknya, ia mengatakan ekonomi Yunani terus menciut.

Thomsen mengatakan reformasi Yunani tidak mencukupi dan jauh ketinggalan dari jadwal dan para penanam modal belum mengubah pandangan negatif mereka mengenai kegiatan usaha di sana.

Ia mengatakan sangat sulit untuk menarik dukungan politik bagi rancangan penghematan berat yang dibutuhkan.

Perdana menteri sementara Yunani sedang berusaha untuk meyakinkan parlemen Yunani untuk menyetujui persyaratan dana talangan baru Uni Eropa, yang mencakup pemotongan pengeluaran, kenaikan pajak dan penghapusan ribuan pekerjaan pemerintah.

Yunani harus menerima persyaratan tersebut kalau negara itu ingin memperoleh kucuran 11 milyar dolar dari dana talangan tahun lalu demi menghindarkan kebangkrutan. Namun langkah ini dan rancangan penghematan lain telah sangat tidak populer di Yunani dan menyulut banyak protes.

XS
SM
MD
LG