Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Perdamaian Sudan Selatan Dimulai di Etiopia


Tentara SPLA di Juba 20 Desember 2013

Tentara SPLA di Juba 20 Desember 2013

Kedua pihak memulai perundingan tatap muka di Addis Ababa, Minggu, setelah ditunda beberapa hari.

Faksi-faksi yang bertikai di Sudan Selatan telah memulai pembicaraan perdamaian di Ethiopia, sementara kekerasan terus berlanjut di sedikitnya di kawasan di Sudan Selatan.

Para perwakilan Presiden Salva Kiir dan mantan wakil presiden Riek Machar diduga akan membahas rincian gencatan senjata dan tuntutan para pemberontak agar para tahanan politik dibebaskan.

Namun, Menteri Informasi Sudan Selatan Michael Makuei mengatakan pada konferensi pers hari Minggu bahwa pemerintah tidak akan menyerah pada tekanan untuk segera membebaskan politisi yang ditahan setelah dugaan upaya kudeta bulan lalu.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan Minggu, Washington akan mendukung mereka yang mencari perdamaian, namun akan mengusahakan tekanan internasional terhadap mereka yang menggunakan kekearasn untuk memperoleh keuntungan. Kerry mengatakan kepada wartawan di Yerusalem, perundingan itu harus serius dan bukan akal-akalan.

Kerusuhan di Sudan Selatan dimulai pertengahan Desember setelah tentara yang membangkang menyerang markas besar militer. Presiden Kiir menuduh Machar mendalangi usaha kudeta itu.
XS
SM
MD
LG