Tautan-tautan Akses

PBB Akan Kirim Penjaga Perdamaian Tambahan ke Sudan Selatan


Tentara angkatan darat Sudan Selatan di kota Juba (20/12). (Reuters/Goran Tomasevic)

Tentara angkatan darat Sudan Selatan di kota Juba (20/12). (Reuters/Goran Tomasevic)

Dewan Keamanan PBB pada Selasa (24/12) menyetujui sebuah rancangan untuk meningkatkan jumlah pasukan menjadi hampir 14 ribu penjaga perdamaian.

PBB akan mengirim 5.500 penjaga perdamaian tambahan ke Sudan Selatan, tempat seorang pejabat PBB mengatakan ribuan orang kemungkinan telah tewas sejak pertempuran mulai di sana pekan lalu.

Dewan Keamanan PBB pada Selasa (24/12) menyetujui sebuah rancangan untuk meningkatkan jumlah pasukan menjadi hampir 14 ribu penjaga perdamaian. Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, mengatakan “mungkin akan memakan waktu beberapa lama“ untuk menyiapkan pengerahan pasukan tentara dan polisi, dan mengulangi lagi seruannya bagi para pemimpin negara untuk menyelesaikan perselisihan mereka melalui dialog.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menelepon Presiden Salva Kiir da mantan Wakil Presiden Riek Machar, Selasa, dan mendesak mereka agar menghentikan pertempuran dan mengadakan pembicaraan politik melalui perantara.

Kedua pemimpin telah mengatakan mereka siap mengadakan dialog, tetapi pemerintah menolak tuntutan Machar agar para tokoh oposisi yang ditahan dibebaskan terlebih dahulu.

Pemerintah mengatakan pasukan yang setia kepada Machar tetap menguasai Bentiu, satu dari dua ibukota negara bagian yang direbut pemberontak pekan lalu. Pemerintah mengatakan Selasa tentaranya telah merebut kembali kota lainnya, Bor, dan sedang membersihkan sisa-sisa pasukan pemberontak.
XS
SM
MD
LG