Tautan-tautan Akses

PBB Adakan Pemungutan Suara Soal Pasukan untuk Sudan Selatan


Suasana Sidang dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Suasana Sidang dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan akan melakukan pemungutan suara Selasa sore (24/12) mengenai resolusi untuk mentransfer pasukan dari misi PBB lainnya di Afrika, setelah adanya usulan dari Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Amerika Serikat mengatakan semua anggota Dewan Keamanan PBB mendukung proposal untuk mengirim 5.500 tentara penjaga perdamaian ke Sudan Selatan untuk melindungi warga sipil dari kekerasan yang memburuk.

Dewan Keamanan akan melakukan pemungutan suara Selasa sore mengenai resolusi untuk mentransfer pasukan dari misi PBB lainnya di Afrika, setelah adanya usulan dari Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Duta Besar Amerika untuk PBB Samantha Power mengatakan Senin malam (23/12) bahwa Sudan Selatan "dalam bahaya" dan bahwa para pemimpinnya dapat memilih untuk terlibat dalam dialog atau memecah bangsa.

Presiden Sudan Selatan Salva Kiir mengatakan hari Senin dalam pertemuan dengan utusan khusus Amerika untuk Sudan Selatan Donald Booth bahwa dia bersedia mengadakan pembicaraan dengan mantan wakil presiden Riek Machar tanpa prasyarat.

Menteri Luar Negeri Barnaba Marial Benjamin mengatakan kepada VOA bahwa Kiir dalam sambutannya menekankan kepada parlemen bahwa dia tidak akan pernah lagi membawa Sudan Selatan untuk berperang dan bahwa pembicaraan adalah cara untuk mengakhiri kekerasan.

Kiir, seorang etnis Dinka, menyalahkan Machar, seorang etnis Nuer, atas apa yang dia katakan usaha kudeta militer yang memicu kekerasan tanggal 16 Desember. Ratusan orang tewas dalam pertempuran itu.
XS
SM
MD
LG