Tautan-tautan Akses

Pakar PBB: Kim Jong Un Bertanggungjawab atas Kejahatan terhadap Kemanusiaan


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: dok.)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: dok.)

Seorang pakar PBB mengenai HAM di Korea Utara memperingatkan bahwa pemimpin tertinggi di negara itu, Kim Jong Un, bisa dimintai pertanggunggan-jawabnya atas tuduhan melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Marzuki Darusman, pelapor khusus PBB urusan HAM di Korea Utara, mengeluarkan peringatan itu dalam sebuah laporan yang diumumkan hari Senin.

Laporan itu mengatakan, dewan HAM PBB harus memperingatkan Kim dan para pemimpin senior Korut lainnya bahwa, "mereka mungkin akan diselidiki, dan apabila didapati bertanggung jawab, harus diadili atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di bawah kepemimpinannya."

Darusman mengepalai penyelidikan khusus PBB terhadap pelanggaran HAM di Korea Utara, yang dianggap salah satu yang terburuk di dunia. Penyelidikan Komisi itu menuduh Korut melakukan kekejian yang belum pernah ada sejak era Nazi.

Panel itu juga menyerukan para pemimpin Korea Utara diadili di Mahkamah Kriminal Internasional. Tetapi itu akan memerlukan tindakan oleh Dewan Keamanan PBB. China dan Rusia, negara yang punya hak veto, menentang langkah semacam itu. [vm/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG