Tautan-tautan Akses

Korea Selatan Sebut Pembekuan Aset Kaesong 'Ilegal'


Para pemilik pabrik di kawasan Kaesong asal Korea Selatan menghadiri rapat darurat yang diadakan di Seoul, Korea Selatan (12/2).

Para pemilik pabrik di kawasan Kaesong asal Korea Selatan menghadiri rapat darurat yang diadakan di Seoul, Korea Selatan (12/2).

Korea Utara, Kamis (11/2) memerintahkan semua warga Korea Selatan untuk meninggalkan kompleks Kaesong, yang terletak di dalam Korea Utara, 10 kilometer dari perbatasan dengan Korea Selatan.

Korea Selatan telah memperingatkan Korea Utara bahwa Pyongyang bertindak "secara ilegal" dalam pembekuan aset perusahaan Korea Selatan dan personil di zona industri Kaesong yang digunakan oleh kedua negara.

Menteri Unifikasi Korea Selatan Hong Yong-pyo mengatakan Jumat bahwa keputusan Korea Utara untuk mengusir warga Korea Selatan, yang dikeluarkan hari Kamis, "sangat disesalkan," dan menambahkan bahwa Pyongyang harus bertanggung jawab penuh atas semua konsekuensinya.

Pada hari Kamis, Korea Utara memerintahkan semua warga Korea Selatan untuk meninggalkan kompleks Kaesong, yang terletak di dalam Korea Utara, 10 kilometer dari perbatasan dengan Korea Selatan.

Pyongyang mengatakan karyawan hanya boleh membawa barang-barang pribadi mereka dan memerintahkan "pembekuan" aset yang ditinggalkan. Pyongyang mengatakan pengusiran itu merupakan reaksi terhadap keputusan Seoul sehari sebelumnya untuk menutup operasinya di Kaesong.

Komite Korea Utara untuk Reunifikasi Damai Korea mengatakan tindakan Korea Selatan itu tergolong "deklarasi perang." [as]

XS
SM
MD
LG