Tautan-tautan Akses

AS

Obama di Afghanistan untuk Peringatan Kematian Bin Laden


Presiden AS Barack Obama dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai menandatangani perjanjian kemitraan strategis di Kabul, Afghanistan (2/5).

Presiden AS Barack Obama dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai menandatangani perjanjian kemitraan strategis di Kabul, Afghanistan (2/5).

Presiden Amerika Barack Obama tiba di Afghanistan dalam kunjungan rahasia untuk menandai satu tahun pembunuhan pemimpin al-Qaida Osama bin Laden.

Presiden Barack Obama dan Presiden Afghanistan juga menandatangani perjanjian kemitraan strategis yang menetapkan syarat-syarat bagi kehadiran Amerika disana setelah batas waktu penarikan sebagian besar pasukan tempur NATO tahun 2014.

Presiden Obama tiba di pangkalan udara Bagram hari Selasa dan segera terbang dengan helikopter ke ibukota Afghanistan, Kabul. Ia bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di istananya dan akan berpidato di muka tentara Amerika di Bagram.

Dari Bagram ia juga berencana untuk menyampaikan pidato langsung lewat televisi kepada warga Amerika mengenai perang di Afghanistan pada jam 7.30 malam.

Pidato presiden itu akan berfokus pada perjanjian kerjasama strategis dan tampaknya akan menekankan rencananya untuk mengakhiri perang Afghanistan yang banyak menelan biaya dan tidak disukai dimana hampir tiga ribu tentara Amerika dan NATO tewas sejak menginvasi Afghanistan tahun 2001.

Pidato itu akan dilakukan tepat satu tahun sejak pasukan khusus Amerika diperintahkan memulai penyerbuan yang menewaskan bin Laden di tempat persembunyiannya di Pakistan.

Sejak itu hubungan antara Amerika dan Afghanistan memanas karena pembakaran Qur’an di pangkalan Amerika dan pembantaian 17 warga sipil termasuk anak-anak yang diduga dilakukan seorang tentara Amerika. Presiden Obama dijadwalkan berada di Afghanistan selama tujuh jam.
XS
SM
MD
LG