Tautan-tautan Akses

Obama: Pemerintah Tidak Politisasi Terbunuhnya Bin Laden


Presiden Amerika Serikat Barack Obama (30/4)

Presiden Amerika Serikat Barack Obama (30/4)

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan pemerintahannya tidak mempolitisasi penggrebekan yang menewaskan Osama bin Laden, Senin (30/4).

Obama mengatakan demikian dalam menanggapi kecaman bahwa Gedung Putih melakukan perayaan berlebihan atas kematian pemimpin teroris itu.

Berbicara beberapa hari sebelum genapnya satu tahun penggrebekan oleh satuan komando Amerika di Pakistan yang menewaskan pemimpin al-Qaida itu, Obama mengatakan hari Senin bahwa ada orang lain, yang tampaknya dimaksudnya adalah orang yang bakal menantangnya dalam pemilihan presiden bulan November nanti, yang telah mengubah pendiriannya mengenai apakah akan melaksanakan misi demikian.

Tanpa menyebut nama Mitt Romney, Obama menyarankan untuk melihat kembali pernyataan orang itu sebelumnya terkait hal tersebut. Romney beberapa tahun yang lalu pernah mengatakan, tidaklah wajar melakukan usaha yang terlalu tinggi biayanya hanya untuk mengejar satu orang, tetapi hari Senin ia mengatakan 'tentu saja' ia akan memerintahkan Bin Laden dibunuh, sekiranya ia presiden waktu itu.
Loading timeline...
"Dulu saya mengatakan bahwa saya akan mengejar bin Laden, kalau memungkinkan untuk menangkap atau membunuhnya dan itulah yang saya lakukan. Kalau ada orang lain yang telah mengatakan satu hal dan sekarang berpendapat akan melakukan hal lain, saya akan meminta mereka menjelaskannya,” demikian keterangan Presiden Obama dalam jumpa pers di Gedung Putih.

Menandai genapnya satu tahun itu, Obama akan dimasukkan dalam acara berita khusus televisi NBC hari Rabu yang mencakup wawancara di Ruang Situasi Gedung Putih dimana ia dan staf utamanya menyaksikan langsung penggrebekan kompleks bin Laden.
XS
SM
MD
LG