Tautan-tautan Akses

AS

Jelang Peringatan Tewasnya Osama bin Laden, Amerika Kaji Ulang Potensi Ancaman


Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney (Foto: dok).

Juru Bicara Gedung Putih, Jay Carney (Foto: dok).

Gedung Putih hari Kamis mengatakan tidak ada informasi tentang potensi ancaman yang akan dihadapi Amerika menjelang peringatan satu tahun tewasnya mantan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden di Pakistan.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan kepada wartawan, “saat ini kami tidak memiliki informasi kredibel bahwa organisasi-organisasi teroris – termasuk Al Qaeda – berencana melakukan serangan di Amerika bersamaan dengan peringatan kematian Osama bin Laden”.

Tetapi Jay Carney menegaskan bahwa sekutu dan afiliasi Al Qaeda tetap berniat melakukan serangan di dalam negeri, kemungkinan untuk membalas kematian Osama bin Laden, tetapi tidak serta merta hal itu terkait dengan peringatan tersebut”.

Sebelumnya Presiden Barack Obama memerintahkan pengkajian ulang atas ancaman yang ada dan mengarahkan tim-nya untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi warga Amerika.

Dalam perkembangan lainnya hakim Pengadilan Distrik James Boasberg hari Kamis menolak untuk memerintahkan dipublikasikannya foto-foto dan video hasil penggerebekan militer Amerika yang menewaskan teroris paling dicari itu di kompleks pemukimannya, di kota garnisun Abbotabad pada tanggal 2 Mei 2011, dan pemakamannya di laut.

Hakim menolak gugatan hukum yang memaksa dipublikasikannya gambar-gambar, dengan menulis 'sebuah gambar mungkin lebih berharga dibanding ribuan kata-kata', tetapi untuk kasus ini 'penggambaran secara verbal atas kematian dan pemakaman Osama bin Laden dianggap cukup, karena itu pengadilan tidak akan mengeluarkan perintah untuk mengeluarkan foto, gambar atau video apapun'.

Sementara itu Jum’at dini hari keluarga Osama bin Laden dideportasi dari Pakistan ke Arab Saudi. Pejabat-pejabat inteljen mengatakan tiga janda Osama bin Laden dan anak-anak mereka dibawa ke bandara di dekat kota Islamabad beberapa saat setelah tengah malam dimana sebuah pesawat telah menanti. Tujuan mereka di Arab Saudi tidak diketahui.
XS
SM
MD
LG