Tautan-tautan Akses

Pakistan Deportasi Keluarga Bin Laden ke Arab Saudi


Polisi Pakistan menutup kendaraan yang membawa keluarga Bin Laden dari pandangan media, di Islamabad, Kamis (26/4).

Polisi Pakistan menutup kendaraan yang membawa keluarga Bin Laden dari pandangan media, di Islamabad, Kamis (26/4).

Tiga janda Osama bin Laden bersama anak-anak mereka dibawa ke bandara dekat Islamabad selepas tengah malam untuk terbang menuju Arab Saudi.

Pemerintah Pakistan mendeportasi keluarga Osama bin Laden ke Arab Saudi, hampir setahun setelah pemimpin Al-Qaida tersebut tewas oleh serbuan Amerika.

Pejabat-pejabat intelijen mengatakan, tiga janda bin Laden, dua berkewarganegaraan Arab Saudi dan seorang warga Yaman, bersama anak-anak mereka dibawa ke bandara dekat ibukota Pakistan, Islamabad, selepas tengah malam, di mana pesawat menunggu untuk membawa mereka ke Kerajaan Arab Saudi. Pejabat-pejabat Arab Saudi tidak mengomentari deportasi tersebut.

Sebelumnya bulan ini, pengadilan Pakistan mendakwa janda-janda bin Laden dan dua anak perempuannya tinggal secara ilegal di Pakistan, dan menghukum mereka penjara 45 hari, sebelum dideportasi.

Janda-janda, beberapa anak dan setidaknya seorang cucu bin Laden ditahan setelah pasukan khusus Amerika menewaskan pemimpin al-Qaida itu dalam operasi rahasia di kota Abbottabad, Pakistan, 2 Mei tahun lalu. Mereka secara resmi ditahan bulan lalu tapi masa hukuman mereka dikurangi masa tahanan sehingga hukuman mereka menjadi dua minggu.

Kementerian Dalam Negeri Pakistan, Jumat mengatakan, 14 anggota keluarga bin Laden itu dideportasi ke “negara pilihan mereka, Arab Saudi.” Tidak jelas apakah istri termuda bin Laden akan menetap di Arab Saudi atau pulang ke negara asalnya, Yaman.
XS
SM
MD
LG