Tautan-tautan Akses

AS

Penasehat Obama: Pesawat Tak Berawak Ampuh Melawan Teror


John Brennan, penasehat senior presiden Amerika untuk kontra-terorisme (Foto: dok)

John Brennan, penasehat senior presiden Amerika untuk kontra-terorisme (Foto: dok)

Penasehat senior kontra-terorisme Presiden Obama mendukung penggunaan pesawat tak berawak di luar negeri untuk menjamin keamanan nasional AS.

Berbicara dalam satu acara di Washington hari Senin, pejabat Gedung Putih itu, John Brennan, menganggap serangan pesawat tak berawak yang sangat presisi itu berjasa membantu untuk memotong tumor kanker terorisme tanpa mencederai kaum sipil di sekitarnya. Menggunakan serangan pesawat tak-berawak terhadap sasaran tertentu di luar negeri adalah opsi yang sah, etis dan bijaksana untuk memastikan keamanan nasional.

Brennan berkeras bahwa meski kadang terjadi korban warga sipil, belum pernah ada senjata yang membuat pemerintah Amerika mampu secara seksama mengidentifikasi seorang pemimpin al-Qaida dan menyasar orang itu dengan korban sipil minimal.

Pemerintahan Obama menerapkan standar tertinggi dalam menentukan penggunaan serangan mematikan. Brennan mengatakan pihak berwenang menentukan sasaran dengan menimbang besarnya ancaman bagi kepentingan Amerika dan apakah ada cara untuk menangkap orang tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Brennan, pemerintah asing dalam banyak kasus bekerjasama dalam berbagai serangan, tetapi Amerika wajib menyerang jika negara lain tidak bisa atau menolak mengambil langkah dalam menghadapi terorisme.

Brennan mengatakan ia menggambarkan secara rinci proses dibalik pembunuhan terencana karena Presiden Obama ingin pemerintahannya lebih terbuka setahun setelah serangan rahasia oleh pasukan khusus Amerika menewaskan Osama bin Laden di pedalaman Pakistan.

Pakistan telah menuntut diakhirinya serangan pesawat tanpa awak Amerika, dengan argumen serangan-serangan itu kontra-produktif karena menewaskan warga sipil, memperparah sentimen anti-Amerika dan melanggar kedaulatan.
XS
SM
MD
LG