Tautan-tautan Akses

Obama: Transisi Damai di Mesir Harus Mulai Sekarang


Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidatonya mengenai situasi di Mesir, Selasa malam (2/1).

Presiden AS Barack Obama menyampaikan pidatonya mengenai situasi di Mesir, Selasa malam (2/1).

Presiden Obama menandaskan bahwa transisi di Mesir harus menghasilkan pemilu yang adil dan bebas, dan pemerintah demokratis yang tanggap terhadap aspirasi rakyat.

Presiden Amerika Barack Obama mengatakan ia telah mengimbau Presiden Mesir bahwa peralihan yang tertib di Mesir harus berjalan damai dan dimulai dari sekarang.

Dalam pidato yang disiarkan televisi Amerika, Selasa malam, Presiden Obama mengatakan transisi tersebut harus menghasilkan pemilu yang adil dan bebas di Mesir, dan berujung pada pemerintah demokratis yang tanggap terhadap aspirasi rakyat negara Arab terbesar di dunia ini.

Sekalipun mengatakan Amerika Serikat tidak berperan dalam memilih pemimpin Mesir, Obama mengatakan ia mengatakan kepada Mubarak bahwa perubahan perlu mencakup suara berbagai lapisan masyarakat Mesir dalam partai-partai oposisi. Ia mengatakan Mubarak menyadari bahwa status quo tidak dapat dipertahankan dan perubahan tidak dapat dielakkan.

Presiden Amerika itu berbicara dengan Mubarak segera setelah pidato Mubarak bagi rakyat Mesir yang menyatakan ia tidak mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan berikut, ditayangkan di televisi.

XS
SM
MD
LG