Tautan-tautan Akses

Demonstran Mesir Gelar Pawai Sejuta Orang


Ribuan demonstran anti-pemerintah terlihat berkumpul malam hari di Tahrir Square Kairo, Mesir, Selasa (2/1).

Ribuan demonstran anti-pemerintah terlihat berkumpul malam hari di Tahrir Square Kairo, Mesir, Selasa (2/1).

Pasukan militer tetap dikerahkan untuk berjaga-jaga di seluruh penjuru Kairo, tetapi mereka tidak berusaha membubarkan kerumunan warga.

Ribuan orang telah berkumpul di tengah kota Kairo, Selasa, di mana para demonstran telah menyerukan diadakannya pawai sejuta orang untuk menuntut Presiden Mesir Hosni Mubarak melepaskan kekuasaan.

Pasukan militer tetap dikerahkan di seluruh penjuru ibukota ini, tetapi mereka tidak berusaha membubarkan warga yang berkumpul untuk rapat umum tersebut. Pihak militer sebelumnya mengumumkan pihaknya memaklumi “tuntutan yang sah” rakyat Mesir, dan berjanji tidak akan menembak ke arah para demonstran.

Demonstrasi besar-besaran kedua direncanakan akan dilakukan Selasa di kota pelabuhan Iskandariah, Mesir bagian utara.

Pelayanan kereta api nasional dibatalkan untuk hari kedua, melanjutkan apa yang oleh sebagian orang dianggap sebagai upaya oleh pihak berwenang untuk mencegah penduduk desa bergabung dengan demonstran di kota.

Pemutusan internet masih tetap berlangsung pada hari Selasa, sementara Google mengumumkan pihaknya telah menciptakan cara bagi pengguna Twitter untuk memuat tulisan dengan memutar nomor telepon tertentu dan meninggalkan pesan dalam kotak suara.

XS
SM
MD
LG