Tautan-tautan Akses

Negara-negara Afrika Minta Presiden Pantai Gading untuk Mundur


Presiden Benin, Boni Yayi (kiri) bersama Presiden Nigeria Goodluck Jonathan pada acara pertemuan darurat ECOWAS, 24 Desember 2010.

Presiden Benin, Boni Yayi (kiri) bersama Presiden Nigeria Goodluck Jonathan pada acara pertemuan darurat ECOWAS, 24 Desember 2010.

Blok regional Afrika Barat mengancam akan menggunakan kekerasan terhadap Presiden Laurent Gbagbo bila ia tidak menyerahkan kekuasaan.

Tiga presiden negara Afrika Barat akan melakukan perjalanan ke Pantai Gading untuk memberitahu Presiden yang menjabat, Laurent Gbagbo, agar mundur setelah sengketa pemilu di negara itu.

Menteri Luar Negeri Benin, Jean Marie Ehouzou, pada hari Sabtu mengatakan kepada wartawan bahwa Presiden Benin, Sierra Leone, dan Cape Verde akan terbang ke Pantai Gading pada hari Selasa.

Blok regional Afrika Barat (ECOWA) pada hari Jumat mengancam untuk menggunakan kekerasan terhadap Presiden Gbagbo kecuali bila ia menerima hasil pemilu dan menyerahkan kekuasaan. Para kepala negara mengatakan setelah pertemuan di Nigeria, mereka akan mengirim delegasi ke Presiden Gbagbo dengan harapan meyakinkan dirinya untuk mundur secara damai.

Seorang juru bicara pemerintahan Presiden Gbagbo pada hari Sabtu mengatakan ancaman kekerasan itu tidak adil dan ilegal.

Presiden Gbagbo menolak untuk mundur meskipun masyarakat internasional mengakui saingannya, Alassane Ouattara, sebagai pemenang pemilihan presiden Pantai Gading bulan November.

XS
SM
MD
LG