Tautan-tautan Akses

Negara Pantai Gading Punya Dua Presiden


Presiden Laurent Gbagbo melambaikan tangan setelah disumpah pada sebuah upacara yang disiarkan oleh televisi pemerintah di Abidjan.

Presiden Laurent Gbagbo melambaikan tangan setelah disumpah pada sebuah upacara yang disiarkan oleh televisi pemerintah di Abidjan.

KPU Pantai Gading memberikan kemenangan kepada Alassane Ouattara, sementara Dewan Konstitusi menyatakan Laurent Gbagbo sebagai pemenang.

Kedua calon dalam pemilihan presiden Pantai Gading telah mengambil sumpah kepresidenan selagi negara itu tenggelam dalam krisis politik.

Presiden Laurent Gbagbo disumpah pada sebuah upacara yang disiarkan oleh televisi pemerintah, setelah Dewan Konstitusi Pantai Gading menyatakan ia sebagai pemenang dengan 51 persen suara. Tapi, komisi pemilu negara itu sebelumnya memberikan kemenangan kepada pemimpin oposisi Alasssane Ouattara.

Perancis, Amerika, Uni Eropa dan Uni Afrika telah menyatakan setuju dengan PBB untuk mengakui Alassane Ouattara sebagai presiden terpilih dan meminta Laurent Gbagbo untuk menerima hasilnya.

Para tentara pada hari Sabtu mendirikan penghalang jalan di sekitar ibukota, Abidjan. Negara ini memberlakukan jam malam, dan semua media asing telah dilarang mengudara.

Departemen Luar Negeri Amerika telah mengeluarkan peringatan perjalanan ke Pantai Gading dengan alasan kemungkinan meletusnya kekerasan.

XS
SM
MD
LG