Tautan-tautan Akses

Pesaing Presiden Pantai Gading Tolak Negosiasi


Alassane Ouattara memenangkan pilpres putaran kedua bulan lalu, tapi presiden yang berkuasa menolak meletakkan jabatan.

Alassane Ouattara memenangkan pilpres putaran kedua bulan lalu, tapi presiden yang berkuasa menolak meletakkan jabatan.

Pemenang pemilu Pantai Gading yang diakui secara internasional meminta Presiden Laurent Gbagbo mengakui kekalahannya terlebih dahulu.

Penantang presiden Pantai Gading, Alassane Ouattara, mengatakan ia tidak akan berbicara dengan Presiden Laurent Gbagbo, kecuali bila Presiden Gbagbo menerima bahwa ia kalah dalam pemilu bulan lalu.

Seorang juru bicara untuk Ouattara pada hari Sabtu mengatakan kedua pihak dapat melakukan negosiasi hanya bila menyangkut kondisi peletakan jabatan Presiden Gbagbo.

Ouattara adalah pemenang yang diakui secara internasional atas pemilu presiden putaran kedua bulan lalu, tapi Presiden Gbagbo menolak untuk meletakkan jabatan.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan hari Jumat pada surat kabar pemerintah, Fraternite Matin, Presiden Gbagbo mengatakan ia ingin "duduk dan berunding" dengan saingan politiknya tentang perebutan kekuasaan yang sedang berlangsung. Ia mengatakan krisis kepemimpinan akan diselesaikan melalui dialog dan menepis kekhawatiran bahwa hal itu bisa menimbulkan perang.

Presiden Gbagbo berada di bawah tekanan internasional yang meningkat untuk menghormati hasil pemilu dan menyerahkan jabatannya.

XS
SM
MD
LG