Tautan-tautan Akses

Tentara Pantai Gading Blokade Markas Ouattara


Tank-tank PBB berjaga-jaga di hotel di mana Alassane Ouattara tinggal.

Tank-tank PBB berjaga-jaga di hotel di mana Alassane Ouattara tinggal.

Para tentara yang setia dengan Presiden Laurent Gbagbo menutup akses ke kawasan di sekitar markas besar Alessane Ouattara hampir sepanjang hari,

Ketegangan meningkat di Pantai Gading, di mana tentara yang setia dengan Presiden Laurent Gbagbo memblokade jalan-jalan menuju hotel yang dihuni Alassane Ouattara. Outtara adalah lawan Gbagbo dalam perebutan jabatan presiden.

Tentara mendirikan perintang jalan beberapa ratus meter dari Golf Hotel, di Abidjan, Senin. Mereka menutup akses ke kawasan di sekitar markas besar Ouattara hampir sepanjang hari, sebelum akhirnya mengizinkan lalu lintas mengalir kembali.

Juru bicara Ouattara mengatakan tentara berusaha membangun pos pemeriksaan di dekat hotel, tetapi dicegah oleh para mantan pemberontak yang melindungi kawasan hotel itu bersama pasukan pemelihara perdamaian PBB.

Gbagbo dan Ouattara sama-sama mengklaim sebagai pemenang pemilihan presiden baru-baru ini dan telah mendirikan pemerintah tandingan. Masyarakat internasional mengakui Ouattara sebagai pemenang pemilu. Tetapi, Gbagbo masih terus menguasai militer dan lembaga-lembaga negara.

Pada hari yang sama di Brussels, para Menteri Luar Negeri Uni Eropa bersepakat untuk menetapkan sanksi-sanksi finansial dan larangan perjalanan terhadap Gbagbo dan sekutu-sekutu dekatnya, kecuali jika ia meletakkan jabatan.

Calon perdana menteri Ouattara, Guillaume Soro, mengatakan ia dan para pendukungnya akan menguasai gedung-gedung pemerintah akhir pekan ini.

XS
SM
MD
LG