Tautan-tautan Akses

Mitt Romney Gelar Kampanye di SMU Bedford, New Hampshire

  • Ian Umar

Kandidat Capres Amerika dari Partai Republik, Mitt Romney, mengunjungi pusat kampanyenya di Manchester, New Hampshire (9/1).

Kandidat Capres Amerika dari Partai Republik, Mitt Romney, mengunjungi pusat kampanyenya di Manchester, New Hampshire (9/1).

Sehari menjelang pemilihan pendahuluan di New Hampshire, para kandidat Capres dari partai Republik melakukan kampanye dan upaya-upaya terakhir untuk membujuk para pemilih. Wartawan VOA Ian Umar menghadiri kampanye penutupan bagi kandidat Mitt Romney semalam sebelum pemilu pendahuluan di Bedford, New Hampshire.

Calon kandidat Presiden dari partai Republik Mitt Romney melakukan kampanye penutupan di sebuah sekolah menengah atas di kota Bedford, tidak jauh dari ibukota negarabagian New Hampshire, Concord. Ruangan dipenuhi oleh para pendukung Mitt Romney dan juga berbagai media nasional yang ingin meliput calon kandidat yang sebelumnya memenangkan kaukus Iowa dan unggul jauh dari para saingannya dalam jajak pendapat.

Berbagai jajak pendapat terakhir yang dikeluarkan sehari sebelum pemilihan hari Selasa ini menunjukan Mitt Romney unggul jauh. Jajak pendapat New York Times menunjukan Mitt Romney unggul 33 persen, kandidat Ron Paul di posisi kedua 20 persen dan mantan dutabesar Amerika untuk Tiongkok, John Huntsman di posisi ketiga dengan dukungan 13 persen. Walaupun angka dukungan untuk Mitt Romney turun kira-kira 5 persen dari minggu lalu, tapi dukungan untuk mantan gubernur Massachusetts periode tahun 2003-2007 tetap tinggi di New Hampshire.

Beberapa dukungan diperoleh Mitt Romney dari sejumlah politisi, antara lain mantan kandidat Presiden Amerika tahun 2008 dari partai Republik, Senator John McCain minggu lalu memberikan sokongan resminya, juga gubernur New Jersey, Chris Cristie merupakan pendukung besar Mitt Romey. Tapi pada malam kampanye penutupan Mitt Romney di New Hampshire, mantan gubernur Minnesota Tim Pawlenty berdiri diatas panggung bersama Senator Kelly Ayotte untuk memberi dukungannya kepada Mitt Romney.

Gubernur Tim Pawlenty memberikan semangat kepada para pendukung Mitt Romney yang sudah menunggu kehadirannya, walaupun cuaca di luar di bawah nol derajat celcius.

Mitt Romney selama kampanye menekankan keunggulan dirinya yang menurutnya bukan hanya politisi yang berkarir dalam bidang politik saja, tetapi ia juga memiliki segudang pengalaman sebagai CEO dari perusahaan investor besar. Ia menggambarkan dirinya sebagai calon yang lengkap dan bisa mengembalikan perekonomian Amerika yang sedang terpuruk untuk kembali menjadi negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

Mitt Romney mengatakan selama 35 bulan belakangan, tingkat pengangguran di Amerika berada di atas delapan persen, dan Obama mengeluarkan dana talangan sebesar 787 milyar dolar tapi belum berhasil menurunkan angka pengangguran dibawan delapan persen. Romney juga mengatakan kira-kira 25 juta warga Amerika saat ini tidak memiliki pekerjaan.

Peta politik pemilih di New Hampshire sejak dulu memang dikenal didominasi oleh para pemilih independen. Calon kandidat harus berupaya keras untuk membujuk pemilih independen agar memberi dukungan suaranya kepada mereka."Saya cinta Amerika dan kita akan melakukan segalanya bersama-sama untuk membuat negara ini semakin kuat dan bebas, dan anda semua akan menentukan hal itu besok,” demikian ungkap Mitt Romney menutup kampanyenya semalam.

Warga New Hampshire akan menggunakan hak pilihnya hari Selasa ini. TPS-TPS akan mulai dibuka jam 06:00 pagi hingga 19:00 waktu setempat. Hasil pemilu pendahuluan diperkirakan akan diumumkan secara resmi beberapa jam kemudian.

XS
SM
MD
LG