Tautan-tautan Akses

Warga New Hampshire Mulai Pilih Capres Partai Republik


Warga New Hampshire (dari kiri ke kanan) Tanner Tillotson, Paul Johnson, dan Jacques Couture menunggu saat mengisi suara untuk pemilu pendahuluan di TPS Balsams Hotel, Dixville Notch, New Hampshire (9/1)

Warga New Hampshire (dari kiri ke kanan) Tanner Tillotson, Paul Johnson, dan Jacques Couture menunggu saat mengisi suara untuk pemilu pendahuluan di TPS Balsams Hotel, Dixville Notch, New Hampshire (9/1)

Warga di negara bagian New Hampshire, Amerika bagian timur laut, telah mulai memberi suara dalam pemilihan pendahuluan yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012.

Warga di kota kecil Dixville Notch, dekat perbatasan Kanada, memberikan suara mereka dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik tidak lama setelah tengah malam waktu setempat. Beberapa pejabat disana mengatakan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney dan Jon Hunstman, mantan duta besar Amerika untuk Tiongkok, masing-masing memperoleh dua suara dari sembilan kartu suara yang diberikan.

Warga di negara bagian New Hampshire, Amerika bagian timur laut, bersiap-siap memberi suara dalam pemilihan pendahuluan yang pertama untuk pemilihan presiden tahun 2012, dan kontestan yang paling unggul adalah Mitt Romney yang kuat diperkirakan akan mengalahkan saingan-saingannya dalam Partai Republik.

Banyak dari kecaman itu menyangkut karir Romney sebelumnya mengelola perusahaan investasi milik beberapa orang, dimana ia berpenghasilan jutaan dolar. Banyak orang mengatakan perusahaan Romney memberhentikan ratusan karyawan dari perusahaan yang dibelinya, sementara meraih laba yang besar bagi para penanam modal.

Dan banyak analis politik berpendapat pemilihan pendahuluan di South Carolina pekan depan akan mengungkapkan apakah Romney yang moderat itu benar-benar dapat memperoleh dukungan kaum konservatif.

Romney unggul dalam jajak pendapat menjelang pemilihan pendahuluan hari Selasa, tetapi itu tidak mencegah saingan utamanya mempergencar serangan mereka terhadap dirinya dalam kampanye menit-menit terakhir hari Senin.

Rick Santorium yang konservatif sosial, yang kalah hanya 8 suara kepada Romney dalam pemungutan suara di Iowa, mengatakan hari Senin ia akan sangat gembira memperoleh tempat kedua dibawah bekas gubernur Massachusetts itu.

Tetapi, poll terbaru menunjukkan bahwa tempat kedua kemungkinan akan direbut oleh anggota Kongres dari Texas Ron Paul.

Namun, para kontestan capres dari partai Republik itu belum putus asa dalam usaha untuk membujuk pemilih agar jangan memilih Romney, dengan mempergencar serangan mereka dalam kampanye menit-menit terakhir.

XS
SM
MD
LG