Tautan-tautan Akses

Menlu AS Desak Iran Bebaskan Dua Pemuda Amerika


Shane Bauer, Josh Fattal dan Sarah Shourd di Tehran, Iran. (Foto: dokumentasi)

Shane Bauer, Josh Fattal dan Sarah Shourd di Tehran, Iran. (Foto: dokumentasi)

Dua wisatawan pejalan kaki AS di Iran akan diadili tanggal 6 November. Menlu Clinton menentang pengadilan yang menurutnya tidak berdasar.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan Amerika Serikat telah diberitahu bahwa Iran berencana untuk mengadili dua wisatawan pejalan kaki Amerika yang ditahan tanggal 6 November.

Clinton hari Selasa mendesak Iran agar membebaskan kedua pemuda itu atas dasar kemanusiaan, dengan mengatakan tidak ada dasar apapun untuk mengadili mereka.

Diplomat tertinggi Amerika itu mengatakan Amerika kecewa Shane Bauer dan Josh Fattal dihadapkan pada tuntutan pidana yang sama sekali tidak mencerminkan tindakan mereka.

Pihak berwajib Iran menangkap Bauer, Fattal dan orang ketiga, Sarah Shourd, tahun lalu atas tuduhan melintasi perbatasan Iran secara ilegal dari Irak. Iran membebaskan Shourd dengan uang jaminan $500 ribu bulan lalu.

Menteri Intelijens Iran Heidar Moleshi telah mengatakan Bauer dan Fattal harus diadili atas tuduhan mata-mata dan bahwa Shourd dibebaskan untuk sementara dan harus kembali ke Iran kalau perlu.

XS
SM
MD
LG