Tautan-tautan Akses

Isu Soal Tiongkok akan Dominasi Lawatan Clinton di Asia


Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan melawat ke tujuh negara Asia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan melawat ke tujuh negara Asia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan mengunjungi tujuh negara dalam lawatan 2 minggu di Asia yang dimulai hari Rabu.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton akan mengunjungi tujuh negara dalam lawatan 2 minggu di Asia yang dimulai hari Rabu, tetapi isyu-isyu mengenai Tiongkok diperkirakan akan mendominasi lawatan itu.

Bagian utama lawatan ini adalah pertemuan Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara pekan ini dan KTT Asia Timur yang lebih besar di Vietnam.

Pertemuan ASEAN sebelumnya tahun ini telah didominasi oleh persengketaan wilayah antara Tiongkok dan negara-negara tetangganya mengenai pulau-pulau di Laut Cina Selatan.

Dan persengketaan wilayah di Laut China Timur antara Tiongkok dan Jepang diperkirakan akan menjadi bagian pembicaraan pada persinggahan pertama Clinton – di Hawaii pada pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Seiji Maehara.

Perubahan pada menit-menit terakhir jadwal kunjungan Clinton akan membawanya ke pulau Hainan, Tiongkok, untuk mengadakan pembicaraan dengan seorang pejabat senior menjelang kunjungan kenegaraan ke Washington bulan Januari oleh Presiden Tiongkok Hu Jintao.

XS
SM
MD
LG