Tautan-tautan Akses

Warga AS yang Ditahan Iran akan Mengaku Tak Bersalah


Ketiga warga AS, dari kiri: Shane Bauer, Josh Fattal, dan Sarah Shourd akan diajukan ke pengadilan atas tuduhan mata-mata tanggal 6 November di Teheran.

Ketiga warga AS, dari kiri: Shane Bauer, Josh Fattal, dan Sarah Shourd akan diajukan ke pengadilan atas tuduhan mata-mata tanggal 6 November di Teheran.

Ketiga warga AS yang dituduh terlibat mata-mata akan mengaku tak bersalah dalam pengadilan terhadap mereka bulan depan.

Media pemerintah Iran mengatakan, tiga warga Amerika yang dituduh terlibat mata-mata akan mengaku tak bersalah bila pengadilan terhadap mereka dimulai bulan depan.

Laporan yang mengutip Masoud Shafii, kuasa hukum ketiga warga AS itu, mengatakan kliennya belum menerima tuduhan pemerintah bahwa mereka melakukan kegiatan mata-mata dan masuk secara tidak sah ke negara itu. Dia juga mengatakan, akan naik banding jika pengadilan mengeluarkan putusan yang mempersalahkan kliennya.

Pejabat Iran menangkap Shane Bauer, Josh Fattal dan Sarah Shourd tahun lalu setelah menuduh mereka masuk ke negara itu secara tidak sah. Iran membebaskan perempuan AS Sarah Shourd dengan uang jaminan 500 ribu dolar bulan lalu.

Shourd belum mengatakan apakah dia akan kembali ke Iran untuk menghadiri pengadilan pada 6 November itu. Shafii mengatakan, surat panggilan pengadilan tidak meminta Shourd untuk hadir.

Awal minggu ini, Shafii mengatakan, kurangnya bukti-bukti tidak cukup untuk mempersalahkan pengelana itu dan tak ada bukti bahwa mereka adalah mata-mata.

Anggota keluarga mereka mengatakan, kalaupun ketiga warga AS itu melintasi perbatasan Iran, itu dilakukan tidak dengan sengaja.

XS
SM
MD
LG