Tautan-tautan Akses

Menhan AS Kecam Peluncuran Rudal Korut yang Gagal


Seorang pria di sebuah stasiun kereta di Seoul, Korea Selatan, menonton berita di televisi mengenai peluncuran misil Korea Utara Kamis pagi (20/10).

Seorang pria di sebuah stasiun kereta di Seoul, Korea Selatan, menonton berita di televisi mengenai peluncuran misil Korea Utara Kamis pagi (20/10).

Menteri Pertahanan Amerika, Ashton Carter hari Kamis (20/10) “mengutuk keras" peluncuran rudal balistik Korea Utara yang gagal.

The North America Aerospace Defense Command (NORAD) mengatakan, Korea Utara tampaknya meluncurkan rudal Musudan jarak menengah hari Kamis (20/10) pagi, di dekat kota Kusong barat laut negeri itu.

Para pemantau AS dan Korea Selatan mengatakan, rudal itu tampaknya meledak tak lama setelah lepas landas dan dengan demikian tidak menimbulkan ancaman.

Berbicara dengan mitranya dari Korea Selatan pada konferensi pers bersama hari Kamis di Pentagon, Carter mengatakan, ia dan Menteri Pertahanan Korea Selatan, Han Min-koo membahas pilihan yang terebuka untuk memperpanjang pencegahan terhadap ancaman nuklir Korea Utara.

AS sedang mempertimbangkan rotasi dan pemangkalan tetap pesawat pengebom B-1B dan B-52 yang berkemampuan nuklir di Korea Selatan bersama jet tempur siluman F-22, menurut sumber-sumber pertahanan dan diplomatik.

Sementara itu di Jepang, Sekretaris Kabinet negara’ Yoshihide Suga mengatakan, Jepang menyadari peluncuran rudal itu dan memperkirakan akan lebih banyak lagi peluncuran oleh Korea Utara karena negara itu memperluas program pengembangan nuklirnya.

"Pemerintah Jepang, melalui rute diplomatik lewat kedutaannya di Beijing, telah resmi memprotes dan mengutuk peluncuran itu," katanya.

Ini adalah peluncuran kedua dalam waktu kurang dari seminggu dari rudal Musudan dengan daya jangkau yang dengan mudah mencapai Jepang atau Korea Selatan, dan juga diyakini mampu mencapai Guam wilayah AS. Peluncuran sebelumnya Sabtu, juga berakhir dengan kegagalan, dengan rudal meledak tak lama setelah lepas landas. [ps/al]

XS
SM
MD
LG