Tautan-tautan Akses

Dewan Keamanan PBB Kecam Peluncuran Misil Korea Utara


Layar televisi di stasiun kereta Seoul yang memperlihatkan peluncuran misil Korea Utara (16/10). (AP/Ahn Young-joon)

Layar televisi di stasiun kereta Seoul yang memperlihatkan peluncuran misil Korea Utara (16/10). (AP/Ahn Young-joon)

Peluncuran ini merupakan aksi terbaru dari serangkaian uji coba nuklir tahun ini dan merupakan pembangkangan terhadap resolusi PBB.

Dewan Keamanan PBB mengecam keras peluncuran misil Korea Utara baru-baru ini, dan mengancam akan mengambil tindakan tambahan terhadap negara komunis itu.

Dewan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin (17/10) setelah pertemuan tertutup bahwa upaya peluncuran tersebut merupakan “pelanggaran serius” terhadap resolusi PBB. Korea Utara harus menahan diri dan tidak melakukan pengujian misil balistik dan senjata nuklir, menurut Dewan.

Anggota-anggota lembaga itu mengatakan, mereka akan terus “memantau dari dekat situasi dan akan mengambil tindakan lanjutan.”

Korea Utara berusaha meluncurkan sebuah misil balistik kapasitas jelajah menengah Sabtu lalu, tetapi senjata itu meledak setelah lepas landas. Peluncuran ini merupakan aksi terbaru dari serangkaian uji coba nuklir tahun ini dan merupakan pembangkangan terhadap resolusi PBB.

Korea Selatan juga mengecam keras upaya peluncuran ini, dengan mengatakan, “ini jelas-jelas merupakan pelanggaran resolusi DK PBB” dan “sebuah tindak provokasi ilegal.”

Pejabat militer Amerika mengatakan, misil Korea Utara ini diasumsikan adalah sebuah roket Musadan dan peluncuran dilakukan dekat kota Kusong. [jm]

XS
SM
MD
LG