Tautan-tautan Akses

Korut Lakukan Percobaan Rudal, AS Perkuat Aliansi Keamanan Kawasan


Peta wilayah Kusong, Korea Utara.

Peta wilayah Kusong, Korea Utara.

Awal pekan ini Dewan Keamanan PBB mengeluarkan kecaman keras atas percobaan peluncuran rudal Korea Utara, Sabtu (15/10) yang gagal dan mengatakan aksi itu merupakan “pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB”.

Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah yang gagal Kamis pagi (20/10), tidak lama setelah Amerika dan Korea Selatan menutup perundingan keamanan tingkat tinggi di Washington.

Komando Strategis Amerika dan Kantor Gabungan Kepala Staf Korea Selatan mengatakan percobaan peluncuran itu tampaknya untuk mengulangi uji coba hari Sabtu yang gagal karena menggunakan jenis misil yang sama, Musudan, dengan jarak jelajah 3.000 kilometer, dari lokasi yang sama, di kota Kusong, di bagian barat Korea Utara.

Uji coba rudal hari Sabtu itu juga berakhir dengan kegagalan, tetapi para analis mengatakan setiap uji coba baru membantu Korea Utara meningkatkan kemampuan dan mencapai tujuannya untuk mengembangkan arsenal rudal nuklir balistik yang kredibel dan berpotensi bisa mencapai daratan Amerika.

Korea Selatan dan Jepang segera mengutuk uji coba rudal itu Kamis.

Awal pekan ini Dewan Keamanan PBB mengeluarkan kecaman keras atas percobaan peluncuran rudal yang gagal hari Sabtu itu oleh Korea Utara, dan mengatakan aksi itu merupakan “pelanggaran yang jelas terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB” dan “tindakan provokasi yang tidak sah.”

Pemerintah Kim Jong Un telah menanggapinya dengan menantang sanksi-sanksi keras PBB yang dikenakan terhadap Korea Utara pada bulan Maret dengan melakukan berbagai peluncuran rudal dan uji coba nuklir ke-dua dalam satu tahun. [lt]

XS
SM
MD
LG