Tautan-tautan Akses

Listrik Padam, Sebagian Besar Wilayah Suriah Gelap


Asap membumbung dari kebakaran dekat bandar udara internasional Damaskus (23/10).

Asap membumbung dari kebakaran dekat bandar udara internasional Damaskus (23/10).

Kementerian terkait menuding pemadaman itu adalah akibat serangan "teroris" terhadap pipa gas yang memasok stasiun-stasiun pembangkit listrik.

Sebagian besar bagian Suriah, termasuk ibukota Damaskus, tanpa aliran listrik Rabu malam (23/10), tidak lama setelah ledakan di dekat bandar udara internasional.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, mengutip Kementerian Kelistrikan yang menuding pemadaman itu adalah akibat serangan "teroris" terhadap pipa gas yang memasok stasiun-stasiun pembangkit listrik. Ia mengatakan perbaikan sedang dilakukan.

Kantor berita Reuters mengutip seorang penduduk Damaskus yang mengatakan seluruh kota gelap.

Aktivis organisasi hak asasi manusia berbasis di Inggris Syrian Observatory for Human Rights mengatakan ledakan itu disebabkan serangan artileri pemberontak yang ditujukan terhadap kota Ghasula, beberapa kilometer dari bandar udara.

Pemberontak, yang hendak menggulingkan pemerintah Presiden Bashar al-Assad, selama berbulan-bulan ini berusaha masuk ke ibukota.

Sudah lebih dari 100 ribu orang tewas sejak Maret 2011, ketika pasukan pemerintah bergerak untuk menumpas pemberontakan pro-demokrasi. Perang saudara setelah pemberontakan itu sejauh ini membuat jutaan orang mengungsi.
XS
SM
MD
LG