Tautan-tautan Akses

PBB Minta Diberi Akses ke Warga Suriah yang Terperangkap


Wakil Sekretaris Jenderal dan pejabat bidang kemanusiaan PBB Valerie Amos. (Foto: Dok)

Wakil Sekretaris Jenderal dan pejabat bidang kemanusiaan PBB Valerie Amos. (Foto: Dok)

Pejabat kemanusiaan PBB menyerukan agar pertikaian dihentikan segera guna memungkinkan personel medis dan penyelamatan masuk ke Moadhamiya.

Wakil Sekretaris Jenderal dan pejabat bidang kemanusiaan PBB mendesak kedua pihak dalam perang saudara di Suriah agar mengizinkan pekerja bantuan mendatangi ribuan warga sipil yang terperangkap di beberapa daerah perumahan yang mengelilingi ibukota Damaskus.

Valerie Amos pada Sabtu (19/10) menyerukan agar pertikaian dihentikan segera guna memungkinkan personel medis dan penyelamatan masuk ke Moadhamiya. Pasukan pemerintah telah mengepung kota yang diduduki pemberontak itu selama berbulan-bulan.

Minggu lalu, lebih dari 3.000 warga sipil, kebanyakan perempuan dan anak-anak berhasil meninggalkan Moadhamiya setelah sebuah persetujuan dicapai antara wakil pemerintah dan pihak oposisi.

Tetapi pejabat PBB mengatakan Sabtu, jumlah yang sama atau lebih masih terperangkap di sana, yang sering menjadi sasaran tembakan mortir dan bentrokan.

Sementara itu, pemimpin-pemimpin dunia terus mendesakkan penyelenggaraan sebuah konferensi perdamaian di Jenewa bulan depan.

Utusan PBB – Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi, Sabtu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmi dan menurut rencana akan melakukan pembicaraan dengan ketua Liga Arab Nabil al-Arabi pada Minggu.
XS
SM
MD
LG