Tautan-tautan Akses

Liga Arab: Penembak Jitu Masih Ancam Kota-kota Suriah


Ketua Liga Arab, Nabil El Araby mendesak gencatan senjata segera di Suriah.

Ketua Liga Arab, Nabil El Araby mendesak gencatan senjata segera di Suriah.

Ketua Liga Arab mengatakan penembak jitu dan baku tembak masih menjadi ancaman di kota-kota Suriah meskipun dengan kehadiran para pemantau Liga.

Berbicara hari Senin di Kairo, Ketua Liga Arab Nabil El Araby mendesak gencatan senjata segera di Suriah. Ia mengatakan militer Suriah telah mundur dari kota-kota di pusat Suriah tetapi penembak jitu masih terus membunuh warga dan sulit menentukan siapa yang menembak siapa.

Liga Arab mengirimkan pemantau ke Suriah untuk memastikan kepatuhan negara itu terhadap ketentuan perdamaian Liga setelah penumpasan selama sembilan bulan atas demonstrasi anti-pemerintah. Ketentuan tersebut mewajibkan pemerintah Suriah menarik mundur pasukan keamanan dan senjata berat dari jalan-jalan, memulai dialog dengan oposisi, membebaskan tahanan politik, dan mengijinkan misi-misi pemantau masuk Suriah.

Ketua Liga Arab itu mengatakan 70 orang pengawas berada di enam kota, dan 30 lainnya akan segera menyusul. Suriah sebelumnya mengatakan akan membebaskan sekitar 3.500 tawanan.

Para aktivis mengatakan lebih dari 150 orang tewas diseluruh Suriah sejak tim pengawas memulai misi minggu lalu.

XS
SM
MD
LG