Tautan-tautan Akses

PM Jepang akan Rundingkan Peningkatan Kerjasama Militer dengan Seoul


Salah satu latihan militer yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam bersiap menghadapi kemungkinan serangan dari Korea Utara.

Salah satu latihan militer yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam bersiap menghadapi kemungkinan serangan dari Korea Utara.

Rencana peningkatan kerjasama militer Jepang dan Korea Selatan berlangsung dalam rangka membantu Korsel bersiap menghadapi kemungkinan serangan dari Utara.

Para pejabat militer Korea Selatan mengatakan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan akan mengunjungi Seoul pekan depan untuk membicarakan kemungkinan kerjasama militer yang lebih dekat di tengah-tengah ketegangan yang meningkat di semenanjung Korea.

Para pejabat mengatakan hari ini, Menteri Pertahanan Jepang Toshimi Kitazawa dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Kwan-jin juga akan bertemu, Senin, untuk membicarakan program nuklir Korea Utara dan serangan artilerinya baru-baru ini terhadap sebuah pulau Korea Selatan, di antara berbagai hal lainnya.

Pihak berwenang di kedua negara membantah laporan yang diterbitkan di Tokyo yang mengatakan Jepang dan Korea Selatan sedang mempersiapkan pernyataan resmi mengenai kerjasama militer yang akan dikeluarkan nanti dalam tahun ini.

Namun, Ketua Dewan Kepala Staff Angkatan Bersenjata Amerika, Laksamana Mike Mullen, mendesak Jepang dalam kunjungan bulan lalu untuk bergabung dengan Amerika dan Korea Selatan dalam kemitraan tiga arah untuk menghadapi Korea Utara. Juga bulan lalu, para pengamat Korea Selatan turut-serta untuk pertama kalinya dalam latihan bersama angkatan laut Amerika-Jepang dekat pantai-pantai Korea Selatan.

XS
SM
MD
LG