Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan California 70% Terkendali


Kebakaran hutan Blue Cut di California Selatan telah menghancurkan lebih dari 300 rumah dan bangunan (foto: dok).

Kebakaran hutan Blue Cut di California Selatan telah menghancurkan lebih dari 300 rumah dan bangunan (foto: dok).

Kebakaran hutan di negara bagian California yang dimulai Selasa (16/8) di sekitar 120 kilometer sebelah timur laut kota Los Angeles, kini hampir 70 persen terkendali.

Para petugas pemadam kebakaran mencapai kemajuan semalaman dalam melawan kebakaran hutan Blue Cut di California Selatan yang telah menghancurkan lebih dari 300 rumah dan bangunan, kata para pejabat hari Sabtu.

Kebakaran yang dimulai Selasa di sekitar 120 kilometer sebelah timur laut Los Angeles itu hampir 70 persen terkendali, kata Instansi Kehutanan AS. Kebakaran itu telah menghanguskan lebih dari 15.000 hektar di wilayah pegunungan di San Bernardino County.

Tidak ada korban tewas yang dilaporkan dalam kebakaran Blue Cut itu, kata para pejabat. Mereka menambahkan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran terus dilakukan.

Juru bicara pemadam kebakaran San Bernardino County Brad Pitassi mengatakan para petugas pemadam hari Sabtu memasuki fase mop-up atau pembersihan.

“Segala sesuatunya berjalan positif. Kami sedang memeriksa apakah ada titik api lain yang mungkin bisa memicu kebakaran lagi,” kata Pitassi kepada Associated Press. Dia mengatakan para pejabat berharap lebih banyak warga bisa kembali ke rumah mereka selama akhir pekan.

Pada puncaknya, kebakaran itu mengancam lebih dari 34,000 rumah, dan lebih dari 82,000 orang diperintahkan mengungsi.

Para pejabat pemadam kebakaran hari Sabtu mengatakan sedikitnya 105 rumah dan 213 bangunan telah hancur. [vm]

XS
SM
MD
LG