Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Lalap Kota Kecil di California


Kebakaran hutan yang melanda wilayah California (foto: dok).

Kebakaran hutan yang melanda wilayah California (foto: dok).

Kebakaran liar merambat di kota pedesaan Marin County di California utara memusnahkan lebih dari 100 rumah dan memaksa ribuan orang melarikan diri.

“Api ini menjalar ke seluruh kota seperti gelombang air, gelombang api sampai kemari,” kata juru bicara sheriff Marin County, Letnan Doug Pittman hari Senin.

Tidak seorangpun cedera ketika Api mengamuk di Lower Lake kota yang berpenduduk sekitar 1300 orang, sekitar 161 kilometer di sebelah utara San Francisco.

Kobaran api itu mencapai jalan utama dan membakar kantor polisi, perusahaan penyulingan anggur, sebuah toko antik, markas pemadam kebakaran yang bersejarah dan kantor lembaga Habitat for Humanity. Sekurangnya ada 1500 bangunan lagi yang terancam.

Lake County telah menjadi lokasi sejumlah kebakaran besar dalam beberapa tahun terakhir. Bulan September lalu kebakaran menewaskan empat orang dan memusnahkan lebih dari 1300 rumah ketika melahap sejumlah kota kecil hanya setengah jam perjalanan jauhnya dari Lower Lake.

Di California tengah, kebakaran dekat Lake Nacimiento, 290 kilometer di barat laut Los Angeles berkobar hari Minggu dan memaksa pihak berwenang mengevakuasi beberapa penduduk dengan perahu ketika api beralih ke danau itu. Sebagian api telah ditanggulangi.

Peramal cuaca memperingatkan bahaya kebakaran besar di California Selatan karena kondisi kering, gelombang panas dan angin kencang.

Pihak berwenang mengatakan kebakaran di Nevada menjadi mematikan ketika petugas pemadam kebakaran Kantor Kehutanan Amerika, Justin Beebe usia 26 tahun asal Vermont tewas setelah ditimpa pohon Sabtu siang. [my/al]

XS
SM
MD
LG